Senin , 19 Februari 2018
Home / Berita Pendidikan / Pendaftar SNMPTN Bisa Pilih Dua PTN dan Tiga Prodi

Pendaftar SNMPTN Bisa Pilih Dua PTN dan Tiga Prodi

Edupost.id – Pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018, pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya dua pilihan PTN dan tiga program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal dua program studi. Pendaftaran SNMPTN tidak dikenakan biaya, karena sudah ditanggung oleh pemerintah.

Apabila pendaftar memilih dua PTN, salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Namun, apabila memilih satu PTN, pendaftar boleh memilih PTN yang berada di provinsi mana pun. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Khusus SMK, pendaftar hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2018 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

Pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi. Pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, pendaftar akan diseleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan prodi dan ketersediaan daya tampung.

Pelaksanaan SNMPTN diawali dengan pengisian dan Verifikasi PDSS pada 13 Januari – 10 Februari 2018. Pendaftaran SNMPTN dilakukan pada 21 Februari – 6 Maret 2018, sedangkan pengumuman hasil seleksi pada17 April 2018.

Proses pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN dilakukan di PTN masing-masing pada 8 Mei 2018, bersamaan dengan pelaksanaan ujian tulis SBMPTN 2018. Siswa Pendaftar dari keluarga tidak mampu dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. (Andi)

Check Also

Gagal Lulus UN, Hasil Seleksi SNMPTN Dipastikan Batal

Edupost.id – Tahun ini, pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tidak menggunakan nilai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *