Rabu , 20 September 2017
Home / Berita Pendidikan / Pendaftaran Siswa Baru Banyak Kecurangan, Ombudsman Buka Pos Pengaduan

Pendaftaran Siswa Baru Banyak Kecurangan, Ombudsman Buka Pos Pengaduan

Jakarta- Banyaknya keluhan masyarakat akan adanya pungutan liar yang terjadi setiap penerimaan siswa dan mahasiswa baru, Ombudsman Republik Indonesia membuka pos pengaduan di seluruh kantor perwakilan yang ada di 23 provinsi.

Pada tahun lalu, terdapat 50 kasus pengaduan, tahun 2012, terdapat 48,7 persen orang tua yang mengadu melalui surat, 33,45% pengaduan dilakukan dengan cara datang langsung ke kantor Ombudsman, 3,66% melalui email, 1,89% melalu website, 2,92% melalui telepon, dan 0,4% melalui fax.

Disamping masalah biaya, ada juga yang mengeluhkan mengenai sistem kuota. Ada kuota yang menyediakan 1% tempat untuk siswa dari luar daerah, ada pula kuota yang memberikan tempat bagi siswa yang memiliki kemampuan baik di bidang akademik (nilai bagus) maupun non akademik (prestasi di bidang seni dan olahraga).

Masyarakat pun juga mengeluhkan adanya diskriminasi. “Ada yang mengatakan siswa miskin tidak bisa diterima,” ujar Anggota Ombudsman, Budi Santoso, dilansir dari Tribun.

Budi mengungkapkan, pembukaan pos pengaduan ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait dengan proses penerimaan siswa dan mahasiswa baru di berbagai sekolah dan perguruan tinggi, serta menerima laporan dan pengaduan masalah terkait dengan PPDB maupun Akpol.

Disamping itu, pos pengaduan ini juga bertujuan memberi saran kepada pemerintah dan pejabat terkait sehubungan dengan penerimaan siswa dan mahasiswa baru.

(Edupost)

Check Also

Universitas Pertamina

Universitas Pertamina Tumbuhkan Pemahaman Teknologi Siswa SMA

Edupost.id – Pesatnya perkembangan teknologi informasi di masyarakat saat ini, Universitas Pertamina melalui slogannya, “Be …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *