Selasa , 25 April 2017
Home / Berita Pendidikan / Pendidikan Karakter Tak Harus Full Day
siswa-SMA
Ilustrasi. Siswa SMA

Pendidikan Karakter Tak Harus Full Day

Edupost.id – Memaksimalkan pendidikan karakter siswa tak harus melalui system sekolah seharian atau full day school. Beberapa sekolah yang ditemui Edupost.id mengungkapkan, selama ini pendidikan karakter sudah biasa ditanamkan kepada siswa melalui beragam kegiatan.

Plt. Kepala MTsN Babadan Baru, Sleman, Busyroni Majid kepada Edupost.id mengatakan, pendidikan karakter sebenarnya tidak hanya tanggung jawab guru dan sekolah.  Orang tua dan lingkungan juga memegang peranan penting dalam membangun pendidikan karakter.

“Ada tiga hal yang mempengaruhi pendidikan karakter, yaitu guru, lingkungan, dan orang tua.jadi bukan hanya tugas guru di sekolah,” ujar Majid.

Jika konsep full day akan diterapkan untuk membangun pendidikan karakter, menurut Majid itu hanya akan membebankan tanggungjawab pendidikan karakter kepada guru dan sekolah. Ini artinya, peran orang tua akan semakin diperkecil.

Pendapat senada diungkapkan waka Kurikulum SMAN 2 Sleman, Abdul Hadi. Menurutnya, pendidikan karakter selama ini sudah diterapkan di sekolahnya melalui beragam kegiatan. Kegiatan yang dimaksud Hadi meliputi keagamaan, literasi, nasionalisme, dan beragam kegiatan ekstrakulikuler.

“Sebelum mulai pelajaran kita awali dengan kegiatan literasi. Pagi juga ada kegiatan Sholat Duha bagi yang muslim, siangnya Sholat Duhur berjamaah, sore ada kegiatan ekstrakulikuler. Bagi yang non muslim juga ada kegiatan keagamaan sesuai agama masing – masing,” ujar Hadi di ruang kerjanya.

Meski demikian, baik Majid maupun Hadi menyatakan kesiapannya jika pemerintah memang akan menerapkan system full day school. (Andi)

Check Also

guru-mengajar

Mendikbud: Membentuk Revolusi Mental Melalui Pendidikan Karakter

Edupost.id- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan satu kata kunci dari pendidikan di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *