Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / Penerapan Full Day School Meresahkan Siswa
Soal-Ujian-Terlalu-Sulit-Nilai-UN-SMP-2016-Turun
Siswa SMP

Penerapan Full Day School Meresahkan Siswa

Edupost.id – Wacana penerapan full day school oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy sempat meresahkan siswa. Salah satunya seperti yang diungkapkan Aida Nur Rahma, siswa SMA Negeri 4 Magelang.

Menurut Aida, sebelum menerapkan kebijakan ini, pemerintah perlu memperhatikan faktor kebosanan siswa akibat lamanya berada di sekolah. Bukan hanya faktor kebosanan, waktu istirahat yang berkurang juga layak diperhatikan.

Pada praktiknya, kata Aida, siswa memang tidak akan belajar seharian di sekolah. Mereka juga akan mengikuti kegiatan penanaman karakter yang disebut ekstraskulikuler. Meskipun ekstrakulikuler disebut berdampak positif bagi pembentukan karakter, kepribadian, dan potensi siswa, seharian di sekolah tetap akan dapat menyita banyak waktu.

“Mengembangkan potensi dan karakter siswa bukan hanya musti di wilayah sekolah saja, apalagi saat ini kondisi pelajar Indonesia cepat bosan, begitu pula keinginan memiliki pengalaman menarik di luar sekolah,” lanjut Aida.

Selain itu, Aida juga mengingatkan pemerintah agar siap memenuhi kebutuhan fasilitas sekolah jika kebijakan ini akan diterapkan. “Jika hanya mengincar keterampilan siswa dalam daya saing lapangan pekerjaan saja, pemerintah harus siap menerima konsekuensi yang sulit untuk mengatur kebutuhan dan fasilitas sekolah dan siswa,” katanya.

Saat ini pemerintah telah mantap akan merealisasikan program full day school pada 500 sekolah di Jakarta. Meskipun sekolah percontohan program ini hanya di Jakarta, tapi tidak menutup kemungkinan akan diterapkan ke seluruh wilayah Indonesia. (Inan)

Check Also

Soal-Ujian-Terlalu-Sulit-Nilai-UN-SMP-2016-Turun

Full Day School, Pemerintah Perlu Perhatikan Tiga Hal 

Edupost.id – Kepala MAN Wonokromo Bantul, Ali Asmu’i mengatakan, jika tujuan pemerintah melaksanakan kebijakan full …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *