Kamis , 21 September 2017
Home / Berita Pendidikan / Penerapan PPK, 147 Kepala Sekolah Dilatih
guru-mengajar
Ilustrasi. Guru mengajar

Penerapan PPK, 147 Kepala Sekolah Dilatih

Edupost.id – Dalam rangka penerapan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), sebanyak 147 Kepala Sekolahdilatih. Kegiatan yang melibatkan peserta 86 Kepala Sekolah SMP dan 61 Kepala Sekolah SD di wilayah Sumatera Utara dan Aceh ini berlangsung pada 9-12 Agustus 2017.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan kepada Kepala Sekolah agar dapat menerapkan PPK di sekolah melalui pendekatan pendidikan karakter yang berbasis kelas, budaya sekolah, dan masyarakat sesuai dengan potensi lingkungan dan kearifan lokal yang ada.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Medan, Masrul Badri mengatakan bahwa kota Medan telah lama menerapkan pendidikan karakter. “Tidak ada lagi sekolah yang memulai pembelajaran tanpa berdoa terlebihi dahulu. Bahkan sekarang sudah ‘ngetren’ kepala sekolah beserta guru menyambut anak-anak dengan salam selamat pagi,” tambahnya.

Bimbingan teknis kepada Kepala Sekolah ini ditargetkan akan dilakukan di delapan wilayah pada tahun 2017. Kepala sekolah selaku lembaga tertinggi di satuan pendidikan, bila sudah diberikan pemahaman serta praktik-praktik yang baik, maka akan mudah menerapkan di sekolahnya.

Penguatan Pendidikan Karakter merupakan tanggung jawab bersama. Tidak hanya Kemendikbud, namun juga masyarakat. Bahkan dukungan dinas pendidikan juga sangat diperlukan demi terlaksananya program PPK secara maksimal.

“Kalau tidak ada support dari dinas pendidikan bagaimana bisa?” ujar Sumarna Surapranata, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Hal ini mengingat sekolah berada di bawah dinas pendidikan, sehingga dukungan dinas pendidikan sangat dibutuhkan. (Kemendikbud/ IK-SS)

 
 

Check Also

siswa-SMA

Disdik Sleman Awasi Sekolah Terapkan Pendidikan Karakter

Edupost.id – Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman memastikan akan melakukan pengawasan terhadap semua sekolah di wilayah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *