Rabu , 24 Mei 2017
Home / Berita Pendidikan / Pengenalan Lingkungan Sekolah Bantu Atasi Perpeloncoan
Full-Day-School-Psikolog-UGM-Pemerintah-Jangan-Tergesa-gesa
Ilustrasi: Siswa SMP (Foto: SMP YZA 2 Bogor)

Pengenalan Lingkungan Sekolah Bantu Atasi Perpeloncoan

Edupost.id – Masa orientasi siswa (MOS) yang sering diwarnai perpeloncoan dengan berbagai variasi bentuknya. Makadari itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menghapus MOS dan menggantikkanya dengan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLH) untuk mengatasi hal tersebut. Hari Pertama Sekolah (HPS) dimulai pada 18 Juli mendatang, tapi di sejumlah daerah sudah dimulai sejak 11 Juli lalu.

“Kemdikbud berusaha mewujudkan suasana baru, serta menyegarkan iklim belajar mengajar di sekolah agar seluruh siswa bisa belajar dengan gembira dan tenang. Ini adalah wujud dari Nawa Cita yakni menghadirkan negara untuk memberi rasa aman pada seluruh warga negara, dan merevolusi karakter bangsa melalui pendidikan,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan dalam siran pers.

Mendikbud mengatakan, untuk mewujudkan dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga negara khususnya kepada para siswa seluruh Indonesia, Kemdikbud menghapus Sebagai penggantinya, dikeluarkan regulasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 18 tahun 2016 mengenai Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang melibatkan guru dan siswa tanpa ada kegiatan menghukum dengan dalih apa pun,” tulis siaran pers Kemdikbud.

“Kemdikbud sangat mendukung dalam menyegarkan iklim belajar mengajar, dan menekankan tidak diperbolehkan adanya perpeloncoan dan pungutan liar,” lanjutnya.

Selama ini, ketika tahun pelajaran baru dimulai, para siswa yang memasuki jenjang pendidikan baru pun akan disibukkan dengan Masa Orientasi Siswa (MOS). Di mana dalam MOS ini, mereka sering kali diperlakukan dengan tidak wajar oleh kakak kelasnya. Karena itu dengan adanya peraturan tentang pengenalan lingkungan sekolah, kegiatan awal mereka di sekolah baru akan lebih menyenangkan dan edukatif. Kemudian, jika menemukan pelanggaran, dapat melaporkannya melalui tautan: http://sekolahaman.kemdikbud.go.id/laporan. (Kemdikbud/Nisa)

Check Also

Kemdikbud

Bantah Larang Nonton Anime, Kemdikbud Adukan Akun Palsu

Edupost.id- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud melaporkan akun penyebar berita palsu (hoax) ke Facebook. Akun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *