Rabu , 24 Mei 2017
Home / Berita Pendidikan / Penghormatan Istimewa di Hari Guru Sedunia
guru
Ilustrasi. Guru

Penghormatan Istimewa di Hari Guru Sedunia

Edupost.id- Selain menjadi peringatan HUT TNI ke-71, di tanggal 5 Oktober 2016 turut menjadi peringatan Hari Guru Sedunia.  Peringatan 5 Oktober sebagai Hari Guru Sedunia sudah terlaksana sejak tahun 1994, dngan tujuan memberikan dukungan pada tiap guru di seluruh dunia.

“Sesuai yang dikatakan UNESCO, hari ini merupakan hari untuk para guru di ratusan negara. Kami yakin generasi muda dunia, nantinya dapat membuat gebrakan baik untuk pendidikan,”ujar Devisri, Guru Sastra Indonesia Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Magelang.

Lebih dari seratus negara memperingati Hari Guru Sedunia, dengan cara yang bermacam-macam. Di Magelang sendiri, peringatan Hari Guru Nasional dilakukan hanya dengan memberi salam dan ucapan ‘Selamat Hari Guru Sedunia’ oleh para pelajar ditiap sekolah.

Menurut Devi, ucapan selamat serta salam dari siswa pada gurunya merupakan penghormatan yang istimewa. “Sebagai guru yang diguguh serta ditiru oleh siswa, kita patut untuk  mengajarkan ilmu pengetahuan dan memberikan apresiasi pada setiap siswa,” ungkap Devi pada Edupost.id

Sementara itu, sebagian besar siswa menyambut peringatan Hari Guru Sedunia melalui akun media sosial mereka. “Kami masih mempercayai prinsip-prinsip sejak tahun 1994, untuk memberikan penghargaan kepada para guru,” kata Muhamad Ferdiansyah, siswa SMA 4 Magelang.

Ferdi mengaku telah memberikan ucapan selamat pada setiap guru disekolahnya, melalui akun media sosial Twitter serta Facebook milikinya. “Kalian Berjasa, kalian pahlawan kami, kalian menjadi contoh kami. Terimakasih atas semua pengabdianmu, mengajari kami”. Pungkas Ferdi.

Sebagai siswa, Fredi berharap agar setelah peringtan Hari Guru Sedunia, konflik antara guru dengan muridnya tidak terjadi lagi khususnya di Indonesia. (Inan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *