Minggu , 22 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / Penuhi Kriteria Perpres, Sekolah Tetap Lima Hari
pelajar sma
Ilustrasi: Pelajar SMA

Penuhi Kriteria Perpres, Sekolah Tetap Lima Hari

Edupost.id – Merasa telah mampu memenuhi kriteria Peraturan Presiden No. 87 tahun 2017 tentang Pendidikan Karakter, sekolah di Kota Yogyakarta tetap menjalankan sistem lima hari sekolah (LHS). Pihak sekolah mengaku, program lima hari sekolah justru berdampak positif bagi pendidikan karakter siswa.

Kepala SMP Negeri 5 Yogyakarta, Suharno, mengungkapkan, sekolahnya memilih tetap menerapkan sistem lima hari sekolah (LHS) setelah disahkan Peraturan Presiden No. 87 tahun 2017. Sebelum Perpres ini disahkan, sekolahnya juga telah menerapkan LHS, dan ternyata tak ada kendala yang besar.

“Selama melakukan LHS, guru juga tidak ada masalah. Siswa juga enjoy meskipun ada di sekolah sampai sore,” ujar Kepala SMP Negeri 5 Yogyakarta, Suharno.

Bahkan menurutnya, dengan menerapkan LHS karakter siswanya makin terbangun dengan baik. Meskipun demikian, ia mengaku akan terus melakukan evaluasi agar kualitas karakter siswa tetap baik.

Pendapat senada juga diungkapkan oleh Kepala SMP Negeri 8 Yogyakarta, Nuryani Agustina. Siswa di sekolahnya juga sangat nyaman belajar dengan sistem LHS.

“Anak-anak sangat betah berada di sekolah sampai sore. Setelah jam sekolah mereka justru masih nyaman mengikuti ekstra kurikuler. Mereka tidak ada masalah,” ujarnya.

Nuryani juga membantah jika sistem LHS disebut memberatkan siswa. Menurutnya, pemadatan jam belajar dari enam hari menjadi lima hari tak akan membuat siswa pulang terlalu sore.

Terkait sarana prasarana, Nuryani juga mengaku sekolahnya telah memenuhi syarat menerapkan LHS. Tenaga kependidikan, ruang belajar, dan sarana belajar lain mencukupi. (Andi)

Check Also

siswa-SMA

Psikolog : Pendidikan Karakter Butuh Peran Berbagai Pihak

Edupost.id – Psikolog Prof Irwanto, mengatakan, pendidikan karakter tidak mungkin dapat berhasil tanpa peran serta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *