Jumat , 20 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / Perguruan Tinggi Ikatan Dinas, Pendaftaran Sudah Dibuka
stan
STAN salah satu perguruan tinggi ikatan dinas

Perguruan Tinggi Ikatan Dinas, Pendaftaran Sudah Dibuka

Edupost.id – Tahun ini pemerintah kembali membuka kesempatan kepada lulusan SMA/sederajat untuk mengikuti seleksi menjadi siswa/taruna pada Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas (LPID). Menurut keterangan dari Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Dwi Wahyu Atmaji, ada tujuh LPID yang membuka kesempatan 5.940 kursi calon siswa.

Ketujuh LPID dimaksud adalah Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, Istitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), Akademi Imigrasi (AIM) dan Poltekip, Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG), Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), dan Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN).

STAN memiliki kuota terbanyak dengan 3.650 kursi. Sedangkan IPDN membuka kuota 900 siswa, STIS 500 siswa, dan STTD 300 siswa, dan AIM 260 siswa. Sementara STMKG dan STSN masing- masing hanya menyediakan 250, dan 80 kursi calon siswa.

Atmaji lebih lanjut menjelaskan, masyarakat dapat melakukan pendaftaran secara online melalui portal panseldikdin.menpan.go.id sesuai dengan jadwal. Informasi lengkap terkait dengan pendaftaran dapat diakses di portal masing-masing LPID yang akan dibuka pada 15 Maret s.d. 27 Mei 2016.

Ditambahkan, peserta hanya boleh mendaftar di salah satu dari 7 (tujuh) Kementerian/Lembaga Pendidikan Kedinasan. “Apabila mendaftar di dua atau lebih Lembaga Pendidikan, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur,” ujarnya seperti dikutip laman menpan.go.id.

Menurut Atmaji, peserta dapat mengikuti pendidikan apabila telah dinyatakan lulus keseluruhan tahapan seleksi. Sedangkan untuk pengangkatan menjadi CPNS, dilakukan setelah dinyatakan lulus serta memperoleh ijazah dari Lembaga Pendidikan yang bersangkutan dan ditempatkan pada jabatan tertentu berdasarkan usulan dari Kementerian/Lembaga yang bersangkutan dan Pemerintah Daerah berdasarkan formasi yang ditetapkan oleh Menteri PANRB.

“Jadi, meskipun sudah diterima di lembaga pendidikan ikatan dinas tersebut, tidak otomatis diangkat menjadi CPNS,” pungkas Atmaji. (Andi)

Check Also

Gunakan Aplikasi Belajar untuk Persiapan UNBK.jpg

Gunakan Aplikasi Belajar untuk Persiapan UNBK

Edupost.ID- Tinggal menunggu beberapa bulan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), persiapan yang matang …

One comment

  1. Assalamu’alaykum admin edupost, mhn info utk program studi astronomi di Inggris yg memberikan beasiswa. Terimakasih. Wassalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *