Jumat , 19 Oktober 2018
Home / Berita Pendidikan / Perguruan Tinggi Kini Diminta Buka Pendidikan Jarak Jauh
wisuda
Ilustrasi. Toga wisuda

Perguruan Tinggi Kini Diminta Buka Pendidikan Jarak Jauh

Edupost.id – Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan, sudah saatnya perguruan tinggi di Indonesia melaksanakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi perkembangan dunia yang begitu cepat.

”Tampaknya kita tidak bisa menunggu lagi, kita harus melakukan perubahan. Perubahan itu harus kita lakukan pada ‘disruptive technology era’, dan kita bisa memanfaatkan peluang yang baik,” ujar Nasir dikutip dari laman Kemenristekdikti, Selasa (17/4).

Nasir menambahkan, PJJ harus tetap memperhatikan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi. Sistem PJJ harus diawasi dan didampingi cara pengelolaannya, yang merupakan bentuk dari ‘cyber university’.

“Negara lain sudah menggembangkan ekonomi kelas dunia, di sinilah peran pendidikan tinggi di Indonesia agar dapat mengisi pembangunan yang ada di negeri ini,” katanya.

Untuk merealisasikan program ini, Kemenristekdikti menunjuk Universitas Terbuka (UT) untuk memberi masukan dan mendukung seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam pelaksanaan PJJ tersebut. Dipilihnya UT karena selama ini kampus itu sudah terlebih dahulu menyelenggarakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).

Rektor UT Ojat Darojat mengatakan, ini merupakan kehormatan bagi UT. Pihaknya mengaku telah membangun kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia untuk mensukseskan program stratergis PJJ dan ‘Online Learning’.

“UT siap sukseskan dan membantu perguruan tinggi lain dalam program PJJ dan Online Learning,” katanya.

Setidaknya UT sudah menandatangani Nota Kesepemahaman dengan berbagai PTN dari berbagai daerah. PTN yang dimaksud adalah Universitas Borneo Tarakan (UBT), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Jenderal Soedriman (Unsoed), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Institut Teknologi Sumatera, Universitas Jember, Universitas Lampung (Unila), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan Universitas Bangka Belitung (UBB). (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=