Senin , 5 Desember 2016
Home / Berita Pendidikan / Peringati Hari Guru Nasional, Asosiasi Guru Dilibatkan
guru
Ilustrasi. Guru

Peringati Hari Guru Nasional, Asosiasi Guru Dilibatkan

Edupost.id- Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2016 akan diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta asosiasi profesi guru, yaitu Asosiasi profesi guru tersebut antara lain Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Federasi Guru Independen Indonesia (FGII), dan Persatuan Guru Nahdatul Ulama (Pergunu).
Tema peringatan Hari Guru Nasional tahun ini adalah “Guru dan Tenaga Kependidikan Mulia Karena Karya” yang dinilai sangat relevan dengan kebijakan pemerintah untuk menghargai profesi guru dan tenaga kependidikan menuju masyarakat Indonesia yang adil, makmur, dan beradab, di tengah-tengah percaturan kehidupan masyarakat global.
Menurut Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud, Sumarna Surapranata persiapan telah di lakukan bersama. “ Kami sudah bertemu semua organisasi profesi guru sebanyak enam kali untuk mempersiapkan peringatan Hari Guru nasional tahun ini,” ujar Sumarna.
Kegiatan peringatan Hari Guru Nasional 2016, akan dilaksanakan mulai tanggal 20 November 2016 hingga puncak acara tanggal 27 November di Sentul Internasional Convention Center SICC, Sentul Bogor. Dengan rangkaian kegiatan seperti, Gerak jalan sehat , ziarah ke Taman Makam Pahlawan kalibata, upacara bendera, simposium guru dan tenaga kependidikan dengan organisasi profesi guru. Rencananya Presiden Joko Widodo akan hadir di puncak acara, dengan sejumlah perserta sekitar sepuluh ribu guru.
Simposium Guru dan tenaga Kependidikan dalam peringatan Hari Guru Nasional akan membahas 10 topik, 1) Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan, (2) Optimalisasi Pendidikan Inklusi, (3) Revitalisasi SMK dalam Menghadapi Daya Saing Ketenagakerjaan, (4) Membangun Budaya Literasi di Satuan Pendidikan, (5) Profesionalitas Guru dan Tenaga Kependidikan melalui GTK Pembelajar, (6) Perlindungan Guru dan Tenaga Kependidikan, (7) Membangun Sekolah yang Aman dan Nyaman untuk warga Sekolah, (8) Peningkatan Mutu dan Akses Pendidikan di Daerah 3T, (9) Teknologi Informasi sebagai Media dan Sumber Pembelajaran, dan (10) Penilaian Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan. (Mendikbud/Inan)

Check Also

guru

Jokowi Minta Guru Suntikkan Karakter Positif ke Siswa

Edupost.id- Presiden Joko Widodo meminta kepada seluruh guru Indonesia untuk tetap menyuntikkan karakter positif kepada …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *