Minggu , 11 Desember 2016
Home / Berita Pendidikan / Peringatan Hari Pahlawan di Makam Pahlawan KH Idham Chalid
Peringatan Hari Pahlawan di Makam Pahlawan KH Idham Chalid
Peringatan Hari Pahlawan di Makam Pahlawan KH Idham Chalid

Peringatan Hari Pahlawan di Makam Pahlawan KH Idham Chalid

Edupost.id- Peringatan hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 10 November, memberikan makna yang Istimewa di Makam Pahlawan Idham Chalid Cisarua, Kabupaten Bogor kamis pagi ini,(10/16). Upacara yang digerakan oleh Muspika Cisarua serta para pelajar dari yayasan Darul Quran Idham Halid Cisarua, bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa NKRI, dalam mempertahankan nilai perjuangan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Barat, Abdul Harris Bobihoe bertindak selaku Inspektur Upacara. Dalam sambutannya Harris membacakan pidato amanat Menteri Sosial,”Peringatan hari pahlawan didasarkan pada pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai pertempuran pertama dan terbesar, antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 yang memakan korban jiwa yang sangat besar. Pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan, betapa semangat juang dan mental kepahlawanan memiliki daya hidup yang luar biasa, dalam menghadapi pelbagai rintangan dan penderitaan” jelas Harris

“Peringatan Hari Pahlawan harus mampu menggali apinya, bukan abunya. Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi,” ujar Harris.

Melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2016 yang dilaksanakan dengan pelbagai kegiatan. Kita dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya dengan meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan kepada kita semua seperti Takwa kepada Tuhan YME, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan sendiri serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para pahlawan bangsa.

Terkait berziarah, ke Makam Pahlawan KH Idham Chalid Pahlawan Nasional di Kabupaten Cisarua. Tokoh pahlawan sekaligus pendiri yayasan Darul Quran Idham Halid yang dikenal sebagai sosok panutan kebanggaan warga setempat, dengan keramahan dan kepeduliannya terhadap kemajuan bangsa, dalam bentuk ketaatan agama serta kepedulian politik bangsa .

“Ungkapan yang dapat diambil dan dijadikan panutan dari sosok Idham Chalid, hiduplah seperti air, yang dapat menyesuaikan sikap di berbagai tempat sesuai ketetapan tempat,” pungkas Harris.

Melalui kegiatan tersebut, Harris berpesan pada para generasi muda untuk dapat memberikan semangat juang baru bagi bangsa tanpa melupakan sikap nasionalisme leluhur. Ia juga berharap kegiatan tersebut dapat dilaksanakan setiap tahunnya. Turut hadir dalam Upacara ini, Kodim 0621 Kabupaten Bogor, Gabungan Kepolisian, staff PNS Jabar, perwakilan akademisi Telekomunikasi Bogor serta para pelajar yayasan Darul Quran Idham Halid Cisarua. (Inan)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *