Selasa , 28 Maret 2017
Home / Berita Pendidikan / Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional Resmi Dibuka
Perkemahan pramuka madrasah nasional (PPMN) digelar di Ambon
Perkemahan pramuka madrasah nasional (PPMN) digelar di Ambon (foto: Kemenag)

Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional Resmi Dibuka

Edupost.id, Ambon – Acara Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) ke-2 dibuka secara resmi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. PPMN ini diikuti sekitar 800 pramuka penggalang utusan madrasah perwakilan provinsi seluruh Indonesia. PPMN digelar di Bumi Perkemahan Pantai Liang Ambon, Maluku pada 24-28 Mei 2016.

Menag menyampaikan, pramuka merupakan gerakan kebangkitan dan komitmen “Praja Muda” untuk ambil bagian dalam misi pembangunan dan kemanusiaan. Gerakan Pramuka berkomitmen membangun generasi muda menjadi warga negara yang unggul dan bertanggung jawab.

Dasa Dharma Pramuka, tambahnya, mengajarkan keterampilan, kedisiplinan, solidaritas, integritas dan tanggung jawab yang harus dipegang teguh insan pramuka. Nilai-nilai tersebut bisa menjadi modal penting dan prasyarat untuk unggul, maju, dan berdaya saing.

Menag mengingatkan bahwa ke depan, sudah saatnya Indonesia bukan hanya mengandalkan sumber daya alam. Indonesia harus menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan berintegritas.

Ketua Panitia PPMN, Kamaruddin Amin menyatakan, perkemahan dengan nuansa  laut  baru kali pertama dilakukan. Dalam PPMN ini, para peserta yang merupakan siswa MTs (penggalang) dari seluruh Indonesia, akan melakukan 8 kegiatan, antara lain: penguatan wawasan dan ketrampilan, petualangan, keagamaan, dan kepramukaan.

Sementara itu, Gubernur Maluku Said Asaggaff menyampaikan, Maluku sebagai salah satu wilayah kepulauan di Indonesia siap mendukung Pemerintah untuk mengembalikan paradigma Pembangunan Nasional yang berorientasi kelautan (Maritim).

PPMN ini diikuti 858 peserta dari seluruh Indonesia. Tiap provinsi mengirim dua regu penggalang, putera dan puteri dengan 9 anggota untuk setiap regu. Selain itu, adadua regu dari 11 Kabupaten/Kota dari Provinsi Maluku.

Acara pembukaan PPMN dimeriahkan dengan  pelepasan 3.047 tukik (anak penyu) ke Pantai Liang yang memecahkan rekor MURI dan penanaman 3.000 pohon. (Kemenang/IK-SS)

Check Also

Siswa Madrasah

Branding Madrasah Melalui Potensi untuk Tingkatkan Daya Saing

Edupost.ID – Melakukan branding madrasah melalui potensi yang dimiliki menjadi upaya Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *