Rabu , 29 Maret 2017
Home / Berita Pendidikan / Perkemahan Wirakarya PTK, Mahasiswa Siap Bedah Rumah Warga
Perkemahan Wirakarya PTK
Perkemahan Wirakarya PTK (foto: IAIN Kendari)

Perkemahan Wirakarya PTK, Mahasiswa Siap Bedah Rumah Warga

Edupost.Id, Jakarta – Mendekatkan pengabdian mahasiswa perguruan tinggi keagamaan (PTK) kepada masyarakat, menjadi salah satu tujuan pelaksanaan Perkemahan Wirakarya (PW) PTK ke XIII. Dalam acara yang akan diselenggarakan pada 16 – 22 Mei mendatang di IAIN Kendari ini, akan dilakukan kegiatan bedah rumah.

“Bedah rumah masyarakat sekitar akan menjadi salah satu kegiatan pada PW PTK tahun ini yang mengangkat Motto ‘Bina Diri, Bina Bangsa, Abdikan Karya dalam Agama dan Budaya’,” demikian dikatakan Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin seperti dikutip dari laman resmi Kemenag.

Menurutnya, PW PTK ini merupakan wujud dari internalisasi nilai-nilai kepramukaan di kalangan mahasiswa. Nilai-nilai dimaksud antara lain kemandirian, kegotongroyongan, kebersamaan, saling menghargai dan lain sebagainya. “Nilai-nilai tersebut coba kita tanamkan dalam PW PTK ini. Selain juga, kegiatan ini juga relevan dengan visi Diktis, Pendis dan Kemenag,” terang Kamaruddin.

Selain bedah rumah, PW PTK juga rencananya akan diwarnai dengan pemecahan rekor MURI Senam Tongkat Pramuka, Ethno Carnival, Gelar Inovasi Karya Mahasiswa, dan kegiatan lainnya.

PW PTK yang mengangkat tema Merajut Harmoni, Berkarya untuk Negeri itu dijadwalkan akan dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan dihadiri Muspida Pemrov Sultra, Kendari, Kwarnas, seluruh pimpinan PTKIN, Diktis dan lain sebagainya.

Rektor IAIN Kendari Nur Alim mengatakan, jika sebelumnya, peserta PW PTK terdiri atas mahasiswa PTKIN se-Indonesia, maka untuk pelaksanaan kali ini, akan melibatkan peserta dari perguruan tinggi agama lain (Kristen, Hindu, Katolik dan Budha) dan perguruan tinggi umum dari Sultra. Selain itu, melibatkan para mahasiswa asing yang sedang belajar di PTKIN.

Nur Alim menyatakan baik IAIN Kendari, Pemkot Kendari, Pemrov Sultra dan Kwarnas maupun Kemenag Pusat, siap bekerja sama menyelenggarakan dan menyukseskan PW PTK yang akan diikuti lebih kurang 2.000-an mahasiswa. Selama mengikuti perkemahan, mereka akan dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama selama tiga hari, bermalam di Bumi Perkemahan, sedang bagian yang lain, tinggal di rumah penduduk.

“Tiga hari kemudian diganti yang tinggal di bumi perkemahan tinggal di rumah penduduk. Begitu pula sebaliknya,” terang Rektor. (Kemenag/Andi)

Check Also

beasiswa dataprint bagi pelajar dan mahasiswa

Beasiswa Dataprint bagi 400 Pelajar dan Mahasiswa

Edupost.id – Beasiswa Dataprint merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Dataprint. Program yang dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *