Jumat , 22 September 2017
Home / Berita Pendidikan / Perpus Sekolah Belum Maksimal, Diklat Pustakawan Digelar
perpustakaan sekolah
Ilustrasi. Perpustakaan sekolah (wikipedia)

Perpus Sekolah Belum Maksimal, Diklat Pustakawan Digelar

Edupost.id – Puluhan kepala perpustakaan sekolah se DIY mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) pustakawan. Kepala BPAD DIY, Budi Wibowo mengatakan, diklat ini digelar untuk memberikan bekal kepada kepala perpustakaan sekolah dalam mengelola perpustakaan masing-masing agar lebih maksimal.

“Selama ini, perpustakaan sekolah masih belum maksimal karena koleksi bukunya masih didominaai buku – buku paket,” katanya.

Diklat yang digelar setiap Sabtu dan Minggu ini digelar atas kerjasama Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PD IPI DIY) dengan pusdiklat Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY.

Kepala perpustakaan sekolah, menurut Budi, diharapkan bisa menciptakan suasana nyaman di perpustakaan. Tentu saja, perpustakaan yang nyaman akan meningkatkan nilai manfaat perpustakaan bagi warga sekolah.Kepala perpustakaan harus mampu memaksimalkan fungsi dan potensi masing – masing.

Sesuai dengan amanat Permendiknas Nomor 25 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah, setiap sekolah/ madrasah harus mengangkat Kepala Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Salah satu kualifikasi Kepala Perpustakaan Sekolah/Madrasah adalah memiliki sertifkat kompetensi pengelolaan Perpustakaan Sekolah /Madrasah dari lembaga yang ditetapkan oleh pemerintah. (Andi)

Check Also

Kartu Indonesia Pintar

Siswa SMA Yogyakarta Terima Jaminan Pendidikan Rp 4,5 juta

Edupost.id – Meskipun kewenangan pengelolaan SMA/SMK sudah beralih ke tangan Pemerintah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *