Sabtu , 19 Agustus 2017
Home / Berita Pendidikan / Perpustakaan Yogyakarta Miliki Layanan Belinda Tuna Netra
Perpustakaan Yogyakarta Miliki Layanan Belinda untuk Tuna Netra
Perpustakaan Yogyakarta Miliki Layanan Belinda untuk Tuna Netra

Perpustakaan Yogyakarta Miliki Layanan Belinda Tuna Netra

Edupost.ID – Perpustakaan Kota Yogyakarta telah memiliki layanan khusus untuk pemustaka tuna netra. Layanan yang diberi nama Blind Corner untuk Anda (Belinda) ini diluncurkan guna memberikan kesetaraan akses informasi untuk pemustaka tuna netra dan penglihatan rendah (low vision).

“Kami sangat berharap kehadiran Belinda ini mampu dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pemustaka tuna netra dan ‘low vision’ sehingga mereka pun dapat mengakses informasi atau bahan bacaan di perpustakaan dengan lebih mudah,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta.

Belinda ditempatkan di bagian utama dari ruang baca lantai satu dekat dengan front office. Penempatan ini sengaja dilakukan agar memudahkan aksesibilitas bagi pemustaka penyandang disabilitas netra dan low vision.

Sejumlah fasilitas yang diberikan di antaranya adalah seperangkat komputer yang telah memiliki aplikasi JAWS yaitu aplikasi yang mampu mengubah media cetak menjadi media dengar atau buku yang bersuara (buku bicara).

Fasilitas lain yang ada dalam layanan ini adalah buku-buku berhuruf Braille terbitan Balai Penerbitan Braille Indonesia (BPBI) Bandung. Koleksi pustaka juga dilengkapi dengan Digital Talking Books, berupa DVD serta file hasil kerjasama dengan Mitranetra Jakarta.

Tak hanya itu layanan maksimal juga diberikan oleh Perpustakaan Kota Yogyakarta dalam penyediaan paket informasi tentang sumber layanan bagi disabilitas netra. Bahkan setiap dua kali dalam sebulan, Perpustakaan Kota Yogyakarta juga memberikan layanan mobile ke SLB dan MTs Yaketunis dan SLB Hellen Keller Yogyakarta.

“Setiap dua pekan sekali, kami juga akan memberikan layanan mobile ke SLB dan MTs Yeketunis serta Hellen Keller Yogyakarta,” katanya. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *