Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / Persiapan Kemendikbud Jelang UN dan USBN Tahun Depan
Indonesia Siap Gelar Olimpiade Sains Internasional di Bali
Pelaksanaan ujian nasional. ilustrasi (foto: blogspot)

Persiapan Kemendikbud Jelang UN dan USBN Tahun Depan

Edupost.ID- Ujian Nasional akan teta dilaksanakan pada tahun 2017. Selain UN, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud juga mempersiapkan peningkatan mutu ujian sekolah US dengan konsep ujian sekolah berstandar nasional USBN.

Soal-soal UN akan dibuat oleh pusat Kemendikbud berdasarkan kisi-kisi yang dikeluarkan Badan Standar Nasional Pendidikan BSNP. “Ujian Nasional tetap dilaksanakan di tahun 2017. Kita juga tingkatkan mutu ujian sekolah dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk beberapa mata pelajaran,” ujar Mendikbud, Muhadjir Effendy saat rapat koordinasi dengan dinas pendidikan se-Indonesia dua hari lalu.

Soal-soal pada USBN akan dibuat dengan perpaduan antara soal yang dibuat guru dan soal jangkar dari pusat sebesar 20 sampai dengan 25 persen. Erica Laconi, Ketua BSNP mengatakan, “UN tahun 2017 mengacu pada Peraturan Pemernintah Nomor 23 Tahun 2015, sehingga UN tidak digunakan untuk syarat kelulusan dari satuan pendidikan,”ungkap Erica.

Pada UN 2017 untuk tingkat SMA nanti, hanya ada empat mapel yang diujikan, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan satu mapel pilihan sesuai jurusan. Siswa dibebaskan memilih satu di antara tiga mapel dalam jurusannya sesuai dengan minat dan kemampuannya.

Namun, untuk USBN, ketiga mapel yang ada dalam tiap jurusan (IPA/IPS/Bahasa) tersebut tetap menjadi mapel yang diujikan. Ada enam mapel yang akan diujikan dalam USBN tingkat SMA. Selain tiga mapel berdasarkan jurusan, USBN juga akan menguji siswa untuk mapel Pendidikan Agama, PPKN, dan Sejarah.

Untuk mapel UN tingkat SMP pada tahun 2017 tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. UN tingkat SMP akan menguji mapel Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA. Kemudian mapel yang akan diujikan dalam USBN tingkat SMP adalah Pendidikan Agama, PPKN, dan IPS.

Ujian Nasional (UN)  tingkat SMK pada tahun 2017 juga tetap menguji empat mapel, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan. Kemudian mapel yang akan diujikan dalam USBN tingkat SMK adalah Pendidikan Agama, PPKN, dan Keterampilan Komputer. (Kemendikbud/Inan)

Check Also

siswa memakai komputer dalam pembelajaran

41 SMP di Sleman Siap UNBK Mandiri, Sekolah Lain Menumpang

Edupost.id – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Arif Haryono menyebut, sebanyak 41 SMP di Sleman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *