Sabtu , 20 Oktober 2018
Home / Berita Pendidikan / Pilih SBMPTN dengan Komputer atau Android? Cek Syarat Ini!
Pengumuman-SBMPTN-Dapat-Dilihat-di-12-Situs-Ini
Pelaksanaan SBMPTN CBT

Pilih SBMPTN dengan Komputer atau Android? Cek Syarat Ini!

Edupost.id – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan diadakan dalam bentuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan berbasis Android. Bagi Anda yang ujian berbasis Android, cek ponsel Anda agar memenuhi syarat berikut ini!

Para peserta UTBK yang memilih menggunakan komputer, panitia akan menyiapkan perangkat komputer (PC). Sedangkan, peserta yang menggunakan tablet atau telepon pintar berbasis Android dapat membawa sendiri perangkat tersebut dengan syarat sebagai berikut:

Untuk ponsel. harus memiliki ukuran layar 4,5 hingga 6,9 inci dengan resolusi 720 x 960 pixel dan tingkat kerapatan 240 dpi. Sistem operasi sudah menggunakan Android Kitkat dengan memori penyimpanan internal minimal sebesar 200 MB dan penyimpanan eksternal minimal sebesar100 MB.

Untuk tablet, syaratnya di atas 7 inci dengan resolusi 600 x 800 pixel dan tingkat kerapatan 160 dpi. Sistem operasi memakai Android Kitkat dengan memori penyimpanan internal minimal sebesar 200 MB dan penyimpanan eksternal minimal sebesar100 MB.

Panitia mengharuskan para peserta UTBK yang menggunakan Android mencantumkan nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) pada saat pendaftaran.

Apakah peserta dapat melakukan kecurangan bila menggunakan android? Panitia telah mengantisipasi hal tersebut dengan menggunakan sistem jaringan tertutup. Pertama, peserta UTBK harus mengeluarkan kartu memori maupun kartu subscriber identity module (SIM) dari perangkat telepon pintar atau tabletnya. Kedua, pada saat ujian berlangsung panitia tidak akan memperkenankan peserta mengaktifkan fitur perangkat yang tidak digunakan untuk ujian, misalnya mobile data, bluetooth dan wifi tethering.

UTBK berbasis Android saat ini masih terbatas pelaksaannya, yakni khusus di panitia lokal Bandung. Panitia juga membatasi jumlah peserta pengguna gawai ini maksimal 1.000 peserta UTBK.

Check Also

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

4.942 Peserta Ikuti Ujian Keterampilan SBMPTN Yogyakarta

Edupost.id – Peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang memilih program studi seni …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=