Senin , 5 Desember 2016
Home / Berita Pendidikan / Pilwali 2017, KPU Yogyakarta Sosialisasi ke Pemilih Pemula
Pilwali 2017, KPU Yogyakarta akan Sosialisasi ke Pemilih Pemula
Pilwali 2017, KPU Yogyakarta akan Sosialisasi ke Pemilih Pemula

Pilwali 2017, KPU Yogyakarta Sosialisasi ke Pemilih Pemula

Edupost.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta menargetkan akan melakukan sosialisasi Pemilihan Walikota Yogyakarta (Pilwali) 2017 kepada para pemilih pemula usia SMA. Para pemilih pemula diharapkan memahami dan siap berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi di kota gudeg ini.

“Para pemilih pemula sejak awal harus mampu memahami proses demokrasi, sehingga kami perlu melakukan sosialisasi,” ujar Komisioner KPU Kota Yogyakarta Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Sri Surani.

KPU telah menginisiasi adanya 78 SMA/SMK yang akan menjadi target sosialisasi. Beberapa agenda telah disiapkan terkait sosialisasi Pilwali. Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) akan digilir untuk menjadi Pembina upacara tiap hari Senin di sekolah – sekolah. KPU juga akan menyiapkan relawan demokrasi yang akan mengajar ke sekolah. Dan yang tidak kalah penting, guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) akan turut dilibatkan dalam sosialisasi kepada siswa pemilih pemula.

Selain sekolah – sekolah itu, KPU masih menargetkan sosialisasi di sekolah lain. “Kami juga akan tingkatkan jangkauan ke sekolah lain agar siswa yang masuk sebagai pemilih pemula bias terlibat aktif dalam proses demokrasi,” imbuhnya.

Berdasarkan data, pemilih pemula di kota ini mencapai 8.515 orang, dari total 303.034 pemilih. Jumlah ini akan masuk ke dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilwali 2017. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *