Selasa , 22 Agustus 2017
Home / Berita Pendidikan / PMB UMY Prestasi Dibuka Melalui Empat Jalur
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

PMB UMY Prestasi Dibuka Melalui Empat Jalur

Edupost.ID – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tahun ini kembali membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur prestasi. Jalur ini dibuka dalam empat jalur, yaitu Penerimaan Berdasar Minat dan Kemampuan (PMDK), Penerimaan Siswa Berprestasi (PSB), Penerimaan Bibit Unggul Perserikatan (PBUP), dan Penerimaan Berdasar Nilai UAN (PNUAN).

PMDK ditujukan untuk semua siswa kelas XII SMA/SMK/MA/Sederajat yang akan lulus tahun 2017, yang memiliki minat atau kemampuan di bidang tertentu. Seleksi awal berdasar pada pencapaian prestasi akademik kelas X s.d XII (semester 1 s.d 5) dengan nilai rata-rata minimal 7,0.

PSB ditujukan untuk semua siswa kelas XII SMA/SMK/MA/Sederajat yang akan lulus tahun 2017, yang memiliki prestasi di berbagai bidang seperti olahraga, seni, budaya, penalaran (misal Olimpiade, Karya Ilmiah, Debat, dll). Prestasi yang dimaksud adalah pernah menjadi juara atau finalis di berbagai lomba di tingkat Nasional atau Propinsi atau Kabupaten.

PBUP ditujukan untuk semua siswa kelas XII SMA/SMK/MA/Sederajat yang akan lulus tahun 2017, yang aktif di organisasi otonom dalam lingkup persyarikatan Muhammadiyah seperti Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Tapak Suci, dan Hizbul Wathan (HW).

Pendaftaran PMDK, PSB, dan PBUP dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran yang dilengkapi Fotokopi raport semester 1 s.d 5 yang dilegalisir, fotokopi nilai UAN SMP yang dilegalisir (khusus Pendaftar Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan), pas foto hitam putih ukuran 3×4 sebanyak 1 lembar (ditempelkan pada formulir), dan fotokopi sertifikat bukti prestasi non akademik.

Khusus PBUP, formulir juga dilengkapi dengan fotokopi kartu anggota organisasi, surat keterangan aktif sebagai pengurus dari pimpinan organisasi, dan surat rekomendasi dari Pimpinan Muhammadiyah setempat.

PNUAN ditujukan bagi siswa kelas XII SMA/SMK/MA/sederajat yang sudah berhasil menempuh Ujian Akhir Nasional (UAN) tahun 2017 dan meraih nilai rata-rata minimal 7,0. Untuk masuk prodi kelas internasional, nilai Bahasa Inggris minimal 7,5. Untuk semua program studi kecuali Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Gigi

Pendaftaran PNUAN dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran yang dilengkapi Fotokopi nilai UAN SMA yang dilegalisir. Jika SKHUN belum keluar dapat menggunakan fotokopi nilai UAN sementara yang telah ditanda tangani kepala sekolah dan diberi stempel dari sekolah, fotokopi sertifikat bukti prestasi (jika ada), dan pasfoto hitam putih ukuran 3×4 sebanyak 1 lembar (ditempelkan pada formulir).

Informasi mengenai pendaftaran jalur ini dapat mengakses laman http://www.umy.ac.id/pendaftaran/jalur-prestasi (Andi)

Check Also

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

UMY Merevolusi Sistem Pembelajaran Bahasa Arab

Edupost.id – Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tengah berupaya merevolusi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *