Rabu , 26 Juli 2017
Home / Berita Pendidikan / Pokemon Go Mewabah, Guru Waspada
Pokemon-Go-Mewabah-Guru-Waspada
Ilustrasi: Siswa Bermain Pokemon Go. (Foto: metroforensics)

Pokemon Go Mewabah, Guru Waspada

Edupost.id – Sejumlah guru di Yogyakarta mulai mewaspadai perkembangan game Pokemon Go yang sangat populer di Indonesia. Perkembangan teknologi yang tak dapat terbendung membuat game ini pun langsung mewabah. Para guru kini mulai waspada, tentunya agar keberadaan game ini tidak merusak pendidikan anak.

Waka Humas SMA BOPKRI 1 Yogyakarta, Sartana mengatakan, dirinya tak mempersoalkan munculnya game ini. Namun, sebagai seorang pendidik ia selalu mengingatkan siswanya untuk lebih cerdas dalam bermain. Dengn demikian, mereka akan tahu dampak dari permainan itu.

“Kalau soal game saya tidak menjadi soal, silakan saja dan itu bagian dari kenyataan kemajuan teknologi, keniscayaan dan tidak mungkin ditolak. Namun, kita harus mengedukasi diri dan cerdas dalam memilih game. Bukan gamenya yang disalahkan, tetapi usernya yang diedukasi dengan baik, cerdas dalam bermain dan memilihnya, sehingga tahu dampak yang ditimbulkan, sehingga tidak saling menyalahkan,” ujarnya.

Meski tidak bisa melarang siswa bermain game, bukan berarti siswa boleh bermain game di sekolah. “Ada larangan bermain game di sekolah, karena di sekolah bukan acara nge-game tapi belajar bersama, sehingga aturan itu tetap ditegakan demi kenyamanan bersama,” imbuhnya.

Pendapat serupa dikemukakan oleh Ary Gunawan, guru SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman. Menurutnya, guru harus mampu mengarahkan siswanya agar lebih bijak dalam bermain “Anak-anak harus diberikan arahan dan batasan agar tidak sampai game-addict yang mengganggu perkembangan kognitif dan psikologisnya,” katanya.

Ditambahkan Ary, munculnya game ini justru harus menjadi peluang guru untuk menjadikan PokemonGo sebagai inspirasi membuat game edukasi sebagai pendukung pembelajaran. “Sudah banyak aplikasi dan software game developer yang tersedia secara opensource,” pungkasnya. (Andi).

Check Also

Pokemon Go Antarkan Ado Juarai Mahasiswa Berprestasi IPB

Pokemon Go Antarkan Ado Juarai Mahasiswa Berprestasi IPB

Edupost.id – Inovasi Pokemon Go ala Muhammad Murtadha Ramadhan telah mengantarkan mahasiswa Institut Pertanian Bogor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *