Jumat , 31 Maret 2017
Home / Berita Pendidikan / PPDB Jalur Prestasi, Ortu Dilarang Daftar Jalur Lain
pelajar sma
Ilustrasi: Pelajar SMA

PPDB Jalur Prestasi, Ortu Dilarang Daftar Jalur Lain

Edupost.id – Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur prestasi hingga Sabtu (26/6) mendatang. Para wali murid yang memilih PPDB jalur prestasi dilarang daftar melalui jalur lain

Para walimurid diminta mengikuti aturan yang ada. Diantaranya, jika sudah ditetapkan lolos lewat jalur prestasi, maka siswa tidak diperbolehkan mengikuti jalur lain. Kendati sekolah yang menerima ternyata tidak sesuai dengan harapan siswa atau wali murid.

Ikhsan menuturkan, verifikasi jalur prestasi akademis dan nonakademis dilakukan oleh dinas, sementara jalur prestasi olahraga dilakukan KONI dan Dispora Surabaya sesuai dengan jenis prestasinya. Namun, untuk ploting sekolah sepenuhnya dilakukan dinas dan siswa harus siap ditempatkan di mana saja.

Baca juga : PPDB Surabaya, Pendaftaran Jalur Mitra Warga Dibuka Hari Ini

“Kalau sudah lolos di jalur prestasi tidak boleh ikut jalur lain. Karena itu akan mempengaruhi pagu yang sudah ditetapkan,” kata Ikhsan.

Kecuali, lanjut Ikhsan, wali murid bersedia mundur dan mencabut berkasnya dari PPDB jalur prestasi. Baru siswa bisa mendaftar di jalur kawasan atau jalur umum. “Berkas harus dicabut lebih dulu. Sehingga kita bisa mengurangi pagu yang seharusnya sudah diisi jalur prestasi,” tutur Ikhsan.

Dia menuturkan, penempatan jalur prestasi dilakukan berdasar beberapa pertimbangan. Di antaranya kedekatan dengan tempat tinggal dan tempat latihan. Selanjutnya, siswa akan ditempatkan di sekolah yang memiliki keunggulan sesuai bakat siswa.

“Kalau atlet voli kita tempatkan di sekolah yang memang banyak temannya unggul dalam bidang voli,” tutur dia. (Pemkot Surabaya)

Check Also

siswa-SMA

PPDB MAPK Dibuka Online Mulai 6 Februari

Edupost.ID – Pendaftaran peserta didik baru (PPDB) Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) akan dibuka secara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *