Senin , 11 Desember 2017
Home / Berita Pendidikan / PPDB MAPK Dibuka Online Mulai 6 Februari
siswa-SMA
Ilustrasi. Siswa SMA

PPDB MAPK Dibuka Online Mulai 6 Februari

Edupost.ID – Pendaftaran peserta didik baru (PPDB) Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) akan dibuka secara online pada 6 Februari 2017. Kasubdit Kesiswaan Direktorat Pendidikan Madrasah Ida Nor Qosim mengatakan, MAPK akan kembali dibuka di 10 daerah yakni Samarinda, Jember, Jombang, Surakarta, Martapura, NTB, Sulawesi Selatan, Padang, Ciamis, dan Yogyakarta.

“Pendaftaran PPDB akan dibuka serentak secara online pada tanggal 6 Februari 2017,” ujar Ida dikutip dari laman resmi Kemenag.

Karena 2017 adalah tahun pertama, Ida mengaku masih akan memantau animo masyarakat mendaftarkan anaknya di MAPK. Pada saat yang bersamaan, Direktorat Pendidikan Madrasah (Ditpenmad) juga akan terus melakukan pembenahan sistem pendaftaran.

Ditpenmad pada tahun ini juga akan melakukan penguatan sarana serta peningkatan kualitas tenaga pendidik dan kependikan. Setiap MAPK telah dialokasikan anggaran sebesar Rp2miliar dengan komposisi 60% untuk membangun sarana prasarana, sedang 40% lainnya untuk penguatan yang bersifat non sarpras.

MAN 1 Yogyakarta menjadi satu – satu MAN di Yogyakarta yang diberi kepercayaan oleh  Kementerian Agama untuk membuka program MAPK. Madrasah ini juga mengaku siap menjalankan amanat Kemenag untuk mendidik calon ulama melalui program ini.

Kepala MAN 1 Yogyakarta, Wiranto Prasetyahadi menegaskan kesiapannya membuka program ini. Hanya saja, pembukaan program ini tidak lantas menutup kelas reguler. “Yang perlu ditegaskan, kami tetap membuka kelas reguler dengan program IPS, IPA, dan Bahasa. Ini perlu ditegaskan kepada masyarakat,” ujarnya.

MAPK difokuskan untuk mencetak peserta didik yang mendalami ilmu agama (tafaqquh fiddin ). Diharapkan, dari MAPK akan lahir generasi bangsa yang memahami ilmu agama, moderat, serta memiliki wawasan kebangsaan dan keindonesiaan yang kuat.

Untuk tujuan itu, 70% muatan kurikulum MAPK adalah pelajaran agama. Keunggulan lainnya adalah penguatan aspek kebahasaan, baik Bahasa Arab maupun Inggris. (Andi)

Check Also

Indonesia Siap Gelar Olimpiade Sains Internasional di Bali

PPDB Online Sleman, Nilai UN Tertinggi 303,5

Edupost.id – Hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Kabupaten Sleman tahun 2017/2017 telah diumumkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *