Sabtu , 22 Juli 2017
Home / Berita Pendidikan / PPDB Online, SMA Negeri di Bantul Dibagi Dua Rayon
pelajar sma
Ilustrasi: Pelajar SMA

PPDB Online, SMA Negeri di Bantul Dibagi Dua Rayon

Edupost.id, Bantul – Dinas Pendidikan Menengah dan Non-Formal (Dinmenof) Kabupaten Bantul menyatakan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Bantul tahun 2016 tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) menggunakan sistem Real Time Online (RTO). PPDB RTO mulai digelar sejak 20 hingga 24 Juni dengan sistem rayonisasi.

Kepala Dinmenof Kabupaten Bantul, Masharun Ghazali, menyebutkan jika PPDB SMA di Bantul akan dibagi menjadi dua rayon. “Pembagian rayonisasi dua kelompok itu bertujuan untuk meratakan kuota peserta didik, dan meratakan kualitas pendidikan di Bantul,” terangnya.

Masing-masing kelompok dalam pembagian rayonisasi itu jumlah anggotanya berbeda. Kelompok pertama beranggotakan sembilan sekolah, sementara satu kelompok lainnya berjumlah 10 sekolah. Pembagian itu mengacu letak geografis dan kualitas masing-masing sekolah.

Masharun juga mengatakan, pada PPDB tahun ini calon siswa dapat memilih tiga sekolah pilihan. “Teknis pelaksanaanna, calon pendaftar di PPDB akan diberikan tiga pilihan sekolah sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan,” sebutnya.

Sementara itu, kuota PPDB tingkat SMA di Bantul untuk siswa luar daerah jumlahnya sebesar 25 persen. Namun untuk masing-masing sekolah kuotanya berbeda-beda, tergantung pembagian dari akumulasi keseluruhan. Ada sekolah yang hanya menerima 3 persen siswa luar daerah, ada yang 5 persen, dan ada juga yang presentasinya lebih besar. Sementara untuk calon siswa luar daerah juga diharuskan melampirkan Surat Keterangan Bebas Napza dan Surat Tinggal Bersama wali. (Andi)

Check Also

MAN Yogyakarta 1

Belum Dibuka, PPDB Prestasi MAN 1 Yogyakarta Ramai Peminat

Edupost.ID – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MAN 1 Yogyakarta jalur prestasi baru akan dibuka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *