Senin , 29 Mei 2017
Home / Berita Pendidikan / PPDB SMA/SMK DIY, Siswa Langsung Pilih Sekolah dan Jurusan
siswa-SMA
Ilustrasi. Siswa SMA

PPDB SMA/SMK DIY, Siswa Langsung Pilih Sekolah dan Jurusan

Edupost.Id – Setelah resmi mengelola SMA/SMK di DIY, dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga DIY akan membuat sistem baru dalam Pendaftaran Peserta Didik Baru SMA/SMK mulai tahun ajaran 2017/2018 mendatang. Dengan sistem baru ini, siswa akan mendaftar secara online serta langsung memilih sekolah dan jurusan pada saat pendaftaran.

“Misalnya pilihan pertama siswa memilih SMA Negeri 1 Jogja jurusan IPA. Kemudian pilihan kedua siswa tersebut memilih SMA Negeri 3 Jogja jurusan IPS. Nanti sistem dan grade nilai secara otomatis yang menentukan karena semuanya berbasis online,” ujar Kepala Disdikpora DIY, Kadarmanta Baskara Aji.

Dengan sistem semacam itu, sekolah dapat langsung menentukan kuota kelas dan jurusan sejak awal. Sehingga, nantinya tidak akan terjadi kelas kosong pada jurusan tertentu atau kelas kelebihan siswa pada jurusan lainnya.

Siswa juga harus menentukan pilihan dan minat sejak kelas IX. Sejak SMP siswa sudah memiliki minat dan dapat mengukur kemampuannya sehingga pada saat mendaftarkan diri tinggal memilih jurusan di SMA yang akan dituju.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) DIY itu pun meminta pihak SMP untuk mendampingi siswanya sejjak kelas IX agar memiliki keminatan pada jurusan tertentu di SMA/SMK nantinya. Sosialisasi terkait penjurusan maupun sistem baru PPDB SMA ini akan mulai dilakukan pada Januari mendatang.

“Saya kira nantinya tidak ada kendala. Ini hanya bentuk pengembangannya saja, PPDB bisa lintas wilayah sekaligus memilih penjurusan secara langsung saja,” jelasnya. (Andi)

Check Also

Akhlak-Rendah-8-Siswa-SMP-Tidak-Lulus-UN

2017, Seluruh Sekolah Di DIY Ditargetkan Gelar UNBK

Edupost.ID – Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menargetkan seluruh sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *