Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / Psikolog : Pendidikan Karakter Butuh Peran Berbagai Pihak
siswa-SMA
Ilustrasi. Siswa SMA

Psikolog : Pendidikan Karakter Butuh Peran Berbagai Pihak

Edupost.id – Psikolog Prof Irwanto, mengatakan, pendidikan karakter tidak mungkin dapat berhasil tanpa peran serta berbagai pihak. Tidak hanya guru, orang tua dan masyarakat juga berperan penting dalam pendidikan karakter siswa.

“Pendidikan karakter bukan hanya sistem yang satu kali jadi, tapi banyak pipa yang harus dihadirkan di sekolah. Bagaimana mungkin anak bisa kita didik dengan baik, kalau di rumah diajarkan yang kurang baik oleh orang tua,” ungkapnya dalam jumpa pers di Olifant School Yogyakarta.

Sekolah, katanya, harus mulai meninggalkan anggapan lama yang menempatkan guru sebagai satu-satunya sumber kebenaran. Anak justru harus diberikan kesempatan untuk belajar mencari kebenaran dari sumber lain.

Kepala Tim Kurikulum Olifant School Yogyakarta untuk Pendidikan Karakter ini juga mengatakan, setiap anak juga tidak boleh dibandingkan dengan anak lain. Karena menurutnya setiap anak mempunyai citra diri sendiri dan tidak bisa dibandingkan satu sama lainnya.

Anak hanya boleh dibandingkan dengan dirinya sendiri, antara kehidupan hari kemarin dan hari ini. Perbandingan ini dimaksudkan untuk mengetahui adanya kemajuan dalam perilaku seorang anak dari waktu ke waktu.

Anak juga harus ditekankan tentang rasa empati dengan orang lain. Ini sangat penting untuk mendorong anak bersikap baik dalam kehidupan sosial.

“Kalau hari kemerdekaan, biasanya anak dibiasakan nonton film perang kemerdekaan. Tapi kenapa mereka tidak diajak melihat orang-orang yang berperan mengobati pejuang yang terluka? Ini kan justru mengajarkan anak untuk lebih berempati dengan penderitaan orang lain,” imbuhnya. (Andi)

Check Also

pelajar sma

Penuhi Kriteria Perpres, Sekolah Tetap Lima Hari

Edupost.id – Merasa telah mampu memenuhi kriteria Peraturan Presiden No. 87 tahun 2017 tentang Pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *