Jumat , 31 Maret 2017
Home / Berita Pendidikan / Puasa, Siswa Dilarang Malas Belajar dan Beribadah
Full-Day-School-Psikolog-UGM-Pemerintah-Jangan-Tergesa-gesa
Ilustrasi: Siswa SMP (Foto: SMP YZA 2 Bogor)

Puasa, Siswa Dilarang Malas Belajar dan Beribadah

Edupost.id, Yogyakarta – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menghimbau seluruh siswa di DIY untuk tidak malas belajar dan beribadah meski dalam keadaan puasa.

“Ramadhan tidak boleh dijadikan alasan untuk malas belajar atau beribadah,” kata Kepala Dinas Dikpora DIY, K Baskara Aji kepada Edupost.id.

Dikatakannya, di sela-sela menjalankan ibadah puasa, siswa masih dapat mengisi waktu luangnya dengan kegiatan keagamaan. Diantaranya dengan tadarus, bakti sosial, buka bersama, maupun sholat berjamaah.

Khusus bulan Ramadhan 1437 H, Dinas Dikpora DIY memberlakukan jam pembelajaran khusus. Setiap jam pembelajaran dikurangi lima menit. “Hal itu dilakukan untuk memberikan waktu kepada siswa dan guru memperbanyak kegiatan keagamaan,” ujar Aji.

Selain itu, Dinas Dikpora DIY juga memberlakukan hari libur Ramadhan dan libur Idul Fitri. Selama Ramadhan sekolah akan diliburkan selama 9 hari, rinciannya tiga hari di awal Ramadhan dan enam hari di akhir Ramadhan.

Libur awal Ramadhan berlangsung pada 4, 6, dan 7 Juni 2016. Sedangkan libur akhir Ramadhan pada 29 Juni hingga 5 Juli 2016. Sementara, libur Idul Fitri akan berlangsung selama 8 hari, pada 8-16 Juli 2016. (IK-SS)

Check Also

pramuka-jaga-pos-mudik-lebaran

Lebaran, Kwarda Pramuka DIY Buka 16 Posko Mudik

Edupost.id, Yogyakarta – Menghadapi arus mudik 2016, Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *