Senin , 21 Mei 2018
Home / Berita Pendidikan / Pukul Adik Kelas, SMAN 1 Semarang Jangan Pecat Siswanya
pelajar sma
Ilustrasi: Pelajar SMA

Pukul Adik Kelas, SMAN 1 Semarang Jangan Pecat Siswanya

Edupost.id – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyampaikan keprihatinan atas peristiwa pemecatan dua siswa SMAN 1 Semarang. Dua siswa berinisial AN dan AP ini dipecat oleh pihak sekolah karena diduga melakukan tindakan kekerasan fisik kepada junior mereka.

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti mengatakan, kedua siswa yang duduk di kelas XII ini seharusnya sedang mempersiapkan diri menghadapi ujian. Hanya tinggal dua bulan lagi mereka menempuh ujian akhir sekolah.

“Sebagai siswa kelas XII, seharusnya saat ini keduanya sedang menempuh ujian praktik dan bersiap mengikuti Ujian Sekolah, USBN, dan UNBK. Logikanya, seluruh data dapodiknya sudah tercatat di SMAN 1 Semarang ,” ujar Retno, Jumat (2/3/).

KPAI, kata Retno akan segera bersurat kepada Gubenur Jawa Tengah dan Kepala Dinas Pendidikan Provisi Jateng untuk meminta penjelasan terkait hal ini. KPAI ingin mengetahui apakah prosedur mengeluarkan siswa sudah sesuai dengan tata tertib sekolah dan sejalan dengan standar operasional prosedur dalam mengeluarkan siswa pelanggar tata tertib sekolah.

Selain itu, KPAI akan meminta penjelasan terkait pertimbangan sekolah mengeluarkan dua siswa kelas XII itu.
KPAI akan menemui para siswa yang dikeluarkan tersebut maupun tujuh siswa yang menerima skors dalam kasus yang sama.

“KPAI akan menanyakan langsung kronologi kejadiannya dari mulai LDK (latihan dasar kepemimpinan) sampai pemecatan siswa oleh pihak sekolah. Penjelasan para siswa akan dikonfirmasi dengan penjelasan pihak sekolah,” kata Retno. (Andi)

Check Also

kekerasan dalam pendidikan

Hardiknas, Kekerasan di Sekolah masih Menghantui Dunia Pendidikan

Edupost.id – Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyoroti masih tingginya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=