Sabtu , 22 Juli 2017
Home / Berita Pendidikan / Ratusan Siswa Antusias Ikuti Seleksi ISMOC 2016 di Yogyakarta

Ratusan Siswa Antusias Ikuti Seleksi ISMOC 2016 di Yogyakarta

Edupost.id, Yogyakarta – Sekitar 300 siswa, baik dari SD, SMP, maupun SMA di wilayah DIY dan sekitarnya mengikuti seleksi Indonesia Sains and Mathematics Olympiad Challenge (ISMOC) di IONs International Education Yogyakarta. Kegiatan ini digelar dua hari, Sabtu-Minggu (16-17/4). Siswa SD dan SMP mengikuti seleksi hari Sabtu, sedangkan SMA mengikuti seleksi hari Minggu.

“ISMOC merupakan lomba olimpiade sains dan matematika yang digelar oleh Surya University. Seleksi dilaksanakan serentak di 20 kota besar di Indonesia,” kata Ineke Amandhasari, Panitia Lokal Yogyakarta.

Ditambahkan Inneke, peserta akan bersaing untuk memenangkan hadiah ratusan juta rupiah dan berkesempatan mengikuti olimpiade-olimpiade tingkat internasional pada 2017. Peserta yang lolos seleksi dari 20 kota akan memasuki babak grand final di Jakarta. “Akan diambil 300 peserta dengan nilai tertinggi untuk masuk ke grand final pada bulan Agustus. Semua penilaian dan pengumuman dilakukan oleh panitia pusat. Kami sebagai mitra lokal hanya melaksanakan,” terang Inneke.

Dikatakan Ineke, seluruh peserta yang lolos ke final akan mendapat fasilitas akomodasi dan transportasi selama di Jakarta. Namun, transportasi dari daerah masing-masing ke Jakarta dan sebaliknya harus ditanggung oleh peserta.

Tahap penyeleksian dilaksanakan serentak di 20 kota besar di Indonesia, di antaranya Medan, Banda Aceh, Pekanbaru, Padang, Palembang, Bandar Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Samarinda, Pontianak, Banjarmasin, Makassar, Manado, Ambon, dan Jayapura.

“Kegiatan ini dilakaanakan untuk mempersiapkan diri menghadapi berbagai olimpiade sains internasional pada tahun 2017,” pungkasnya. (Andi)

Check Also

Ungkap Pelemahan KPK, Wyncent Raih Mawapres Nasional 2017

Ungkap Pelemahan KPK, Wyncent Raih Mawapres Nasional 2017

Edupost.id – Nama Wyncent Halim, mahasiswa Fakultas Hukum (FH) UGM berhasil dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *