Minggu , 22 April 2018
Home / Berita Pendidikan / Ribuan Siswa Berebut Kursi MAN IC dan MAN PK
Siswa Madrasah
Ilustrasi. Siswa Madrasah

Ribuan Siswa Berebut Kursi MAN IC dan MAN PK

Edupost.id – Sebanyak 11.292 siswa hari ini, Sabtu (24/3) mengikuti Seleksai Nasional Penerimaan Peserta Didik Baru (SN PPDB) Madrasah Aliyah Negeri ( (IC) dan MAN Program Keagamaan (PK). Pelaksanaan seleksi digelar secara bersamaan, bertempat di 57 lokasi tes.

Kepala Seksi Kesiswaan MA/MAK Kementerian Agama, Lum Edy Krisyanto mengatakan, 11.292 siswa yang ikut seleksi, terdiri dari 9.841 siswa seleksi MAN IC dan 1.451 siswa seleksi MAN PK.

“Para pendaftar itu akan memperebutkan 2.515 kursi yang tersebar di 22 MAN IC dan 10 MAN PK di seluruh Indonesia,” ujar Lum, ketika meninjau pelaksanaan SN PPDB di MAN 1 Yogyakarta, Sabtu (24/3).

Dijelaskan, para peserta sebelumnya telah mendaftar secara online. Mereka yang mengikuti seleksi tertulis hari ini adalah peserta yang telah lolos seleksi berkas pada 2 Februari – 3 Maret 2018.

“Untuk materi tes meliputi Tes Potensi Belajar (TPB) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA),” sambungnya.

Lum menjelaskan, seluruh peserta mengikuti tes di 57 lokasi tes. Khusus MA PK, ada 10 madrasah penyelenggara yang menjadi lokasi tes. Salah satu madrasah penyelenggara adalah MAN 1 Yogyakarta.

Kepala MAN 1 Yogyakarta, Wiranto Prasetyahadi mengaku sudah menyiapkan kegiatan seleksi semaksimal mungkin. MAN 1 Yogyakarta adalah salah satu dari 10 madrasah penyelenggara MAN PK. Disediakan 24 kursi untuk siswa program khusus ini.

Di madrasah ini, ada 66 peserta seleksi MA PK dan 98 peserta seleksi MAN IC. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

“Dari 66 peserta seleksi MAN PK, ada 48 orang yang memih MAN 1 Yogyakarta sebagai pilihan pertama. Khusus peserta seleksi MAN IC, kami hanya jadi tempat ujian, karena kami bukan MAN IC,” ujar Wiranto. (Andi)

Check Also

Siswa Madrasah

MAN IC dan MAN PK Buka Pendaftaran Peserta Didik Baru 2018

Edupost.id – Sebanyak 22 MAN Insan Cendekia dan 10 MAN Program Keagamaan kembali membuka Seleksi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=