Jumat , 19 Oktober 2018
Home / Berita Pendidikan / RUU Pendidikan Agama Tak juga Disahkan, Jangan Harap Dipilih Pesantren
Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu
ilustrasi. Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu

RUU Pendidikan Agama Tak juga Disahkan, Jangan Harap Dipilih Pesantren

Edupost.id – RUU Pendidikan Keagamaan dan Pesantren yang hingga kini tak juga disahkan membuat Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) semakin gemas. Pihaknya bahkan mengancam tidak akan memilih partai politik (parpol) dan calon anggota legislatif (caleg) yang tidak memperjuangkan RUU tersebut.

Hal ini disampaikan Ketua Umum IPI, Zaini Ahmad. Menurutnya, kehadiran UU tersebut sudah lama ditunggu-tunggu kalangan pesantren. Namun, RUU tersebut hingga kini tak kunjung ada kabarnya. 

Ia menekankan, pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua dan telah banyak berperan dalam kehidupan mencerdaskan bangsa, yang konsisten menunaikan fungsinya sebagai pusat pengajaran ilmu agama islam (tafaqguh fiddin).

Namun demikian, perhatian pemerintah terhadap lembaga pendidikan keagamaan dan pesantren masih tertinggal karena faktor payung hukum yang tidak memadai. 

Ia berharap, dengan adanya UU tersebut, negara memiliki kekuatan hukum di dalam memberikan perhatian dan mengayomi lembaga pendidikan keagamaan dan pesantren yang selama ini sudah menjadi subsistem pendidikan nasional.

Landasan hukum yang dijadikan pijakan selama ini belum menyentuh secara konkrit pada ranah lembaga pendidikan keagamaan dan pesantren secara spesifik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=