Minggu , 11 Desember 2016
Home / Berita Pendidikan / Santri Diharap Tetap Pertahankan Jiwa Nasionalisme
Santri Diharap Tetap Pertahankan Jiwa Nasionalisme
Santri Diharap Tetap Pertahankan Jiwa Nasionalisme (foto: HSNBlogspot)

Santri Diharap Tetap Pertahankan Jiwa Nasionalisme

Edupost.ID – Dalam sejarahnya, santri Indonesia memegang peranan besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pada era saat ini, para santri diharapkan tetap memperkuat jiwa religius keislaman dan semangat nasionalisme kebangsaan. Hal ini dikatakan oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo, ketika bertindak sebagai pembina upacara Hari Santri Nasional (HSN) Kabupaten Sleman 2016 di lapangan Denggung, Sabtu (22/10).

Peringatan Hari Santri Nasional ini menurut Sri hendaknya bisa menjadi semangat pemersatu langkah bagi seluruh santri mengingat tantangan zaman ke depan semakin berat. Peringatan HSN di Sleman dilakukan dengan upacara bendera diikuti ratusan santri.

“Saya berharap para santri baik yang ada di dalam pesantren maupun di luar pesantren dapat memperkuat jiwa religius keislaman dan jiwa nasionalisme kebangsaan,” ujar Sri dalam amanatnya.

Sri melanjutkan, santri juga harus tangguh menghadapi derasnya arus globalisasi di era saat ini. Santri tetap harus berdiri kuat menghadapi gempuran globalisasi yang dapat melemahkan jiwa nasionalisme dan religius.

Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan di Indonesia juga memegang peranan penting. Pesantren, menurut Sri, harus mampu mencetak ulama yang mampu menyebarkan nilai – nilai keislaman dan kebangsaan. Pesantren juga harus menjadi partner pemerintah menyebarkan gerakan anti Narkoba maupun gerakan anti radikalisme.

“Semoga api semangat perjuangan ulama santri tetap menyala pada jiwa santri Indonesia dalam mengembangkan kiprahnya dalam pembangunan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” harap Sri.

Usai upacara, dilanjutkan karnaval santri yang diikuti oleh ratusan santri. Peserta karnaval berasal dari berbagai pesantren di Sleman, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA di lingkungan Lembaga Pendidikan Maarif NU Sleman, serta PCNU, IPNU, IPPNU, Fatayat, Muslimat, dan GP Ansor Kabupaten Sleman. (Andi)

Check Also

Pekan Kreativitas Santri Nasional di Sleman

Menag Buka Pekan Kreativitas Santri Nasional di Sleman

Edupost.ID – Menteri Agama (Menag) RI, Lukman Hakim Syaifuddin secara resmi membuka gelaran Pekan Kreativitas …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *