Jumat , 20 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / SBMPTN 2016, Ada 30 PTN Jadi Lokasi CBT
Hasil-SBMPTN-2016-Diumumkan-Hari-Ini
Peserta SBMPTN (foto: Andi Edupost)

SBMPTN 2016, Ada 30 PTN Jadi Lokasi CBT

Edupost.id, Bandung – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah dibuka sejak 25 April hingga 20 Mei mendatang. Pada tahun ini, selain penyelenggaraan ujian tertulis (Paper Based Testing/PBT), seleksi juga telah menyelenggarakan metode seleksi berbasis komputer (Computer Based Testing/CBT). Dari 78 PTN peserta SBMPTN, 30 PTN diantaranya menjadi lokasi penyelenggara CBT dengan jumlah kuota peserta mencapai 2.500 orang.

Rektor Unpad yang juga menjadi penanggung jawab CBT mengatakan, di wilayah Bandung, ada tiga perguruan tinggi yang menjadi CBT center, yaitu Unpad (100 peserta), UPI (100 peserta), dan ITB (120 peserta). Menurut Rektor, metode CBT ini memiliki waktu yang lebih efisien dibanding metode PBT.

“CBT ini efektif untuk menghindari kesalahan pada saat pengisian lembar jawaban,” kata Rektor dalam siaran pers. Pasca dibuka pendaftaran, kuota seleksi melalui metode CBT sudah penuh diisi oleh pendaftar. Rektor mengatakan, metode CBT saat ini masih terbatas pada ujian untuk kelompok Saintek saja atau Soshum saja. Untuk kelompok Campuran, ujian masih menggunakan metode PBT.

SBMPTN tahun ini diperkirakan diikuti 42.800 peserta. Perkiraan jumlah ini didasarkan pada hasil kajian Panlok atas data peserta ujian tulis dari tahun 2001 hingga 2015. “Diharapkan jumlah ini terisi semua,” ungkap Sekretaris Eksekutif I Panitia Lokal 34 SBMPTN Bandung, Asep Gana Suganda.

Untuk wilayah Panlok 34, ada lima PTN yang membuka pendaftaran melalui jalur SBMPTN, yaitu Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Universitas Siliwangi (Unsil).

Untuk mekanisme pendaftaran SBMPTN, tambah Asep, sebagian besar masih sama dengan tahun lalu. Pendaftaran dimulai dengan pengisian nama dan tanggal lahir secara online di website SBMPTN https://pendaftaran.sbmptn.ac.id/. Selanjutnya, peserta akan mendapatkan Slip Pembayaran Biaya SBMPTN yang memuat kode pembayaran, tanggal pembayaran, Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan PIN Calon Peserta SBMPTN 2016.

Namun, biaya SBMPTN tahun ini naik menjadi Rp. 200 ribu dari semula Rp. 100 ribu. Peserta dapat membayar biaya tersebut melalui bank mitra SBMPTN 2016, yaitu Bank Mandiri dan BNI. Setelah melakukan pembayaran, peserta kemudian kembali mengakses laman pendaftaran SBMPTN guna melakukan finalisasi pendaftaran. (Unpad/ IK-SS)

Check Also

Gunakan Aplikasi Belajar untuk Persiapan UNBK.jpg

Aplikasi Belajar MeeBee untuk Persiapan UNBK

Edupost.ID- Tinggal menunggu beberapa bulan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), persiapan yang matang …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *