Jumat , 20 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / SBMPTN 2016, Kuota CBT di Yogyakarta Penuh
SBMPTN
SBMPTN (foto: Nurfi Edupost)

SBMPTN 2016, Kuota CBT di Yogyakarta Penuh

Edupost.id, Yogyakarta – Koordinator Panitia Lokal 46 Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Yogyakarta, Sri Peni Wastutiningsih mengatakan, kuota SBMPTN sistem Computer Base Test (CBT) di Panitia Lokal 46 Yogyakarta sudah terpenuhi. Calon peserta yang menginginkan mengikuti seleksi SBMPTN CBT harus memilih panlok lain yang kuotanya masih tersedia.

Tahun ini, SBMPTN CBT di Yogyakarta hanya ada di UGM dan UNY. Sedangkan dua PTN lain, UIN Sunan Kalijaga dan UPN Yogyakarta masih menggunakan sistem Paper Base Test.

“UGM hanya menyediakan kuota CBT untuk 100 orang, dan UNY hanya 194 orang. Dan kuota di kedua universitas tersebut sekarang sudah penuh,” kata Peni.

Ditambahkan, terbatasnya kuota CBT karena pihak universitas harus memastikan pelaksanaan CBT dapat berjalan lancar. Baik aliran listrik maupun jaringan internet harus tanpa gangguan.

Peni yang juga Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM ini menambahkan, untuk SBMPTN tahun ini, Panlok Yogyakarta akan menerima 4.503 mahasiswa baru yang tersebar di empat PTN, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Daya tampung mahasiswa baru masing-masing PTN beragam, UPN menyediakan 774 kursi, UNY 1.352 kursi, UGM 1.972 kursi, dan UIN Sunan Kalijaga 405 kursi.

Pendaftaran SBMPTN 2016, baik PBT maupun CBT telah dibuka mulai 25 April hingga 20 Mei 2016. Sedangkan pelaksanaan ujian baik PBT maupun CBT dilakukan pada 31 Mei 2016.

Peni juga mengatakan, lokasi ujian di Panlok Yogyakarta akan dilakukan di empat PTN. Khusus CBT akan diselenggarakan di Fakultas Kedokteran UGM dan UPT Pusat Komputer UNY. Tes tertulis Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (Saintek) dilakukan di UGM. Tes tertulis Kemampuan Dasar Sosial Humaniora (Soshum) di UPN dan UNY. Sementara, tes tertulis bidang IPC dilakukan di UIN. (Andi)

Check Also

Mahasiswa UGM Ikuti Asian Waterbirs Cencus

Lestarikan Burung, Enam Mahasiswa UGM Ikuti AWC

Edupost.id – Enam mahasiswa pecinta alam Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM), Mapala Silvagama, turut …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *