Sabtu , 22 Juli 2017
Home / Berita Pendidikan / SBMPTN 2016, Pendaftaran Dibuka Mulai Senin
Hasil-SBMPTN-2016-Diumumkan-Hari-Ini
Peserta SBMPTN (foto: Andi Edupost)

SBMPTN 2016, Pendaftaran Dibuka Mulai Senin

Edupost.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2016 akan dibuka besok, Senin (25/4). Hal ini disampaikan Ketua Panitia Lokal (Panlok) 33, Yonny Koesmaryono dalam jumpa pers di Kampus IPB Baranangsiang Bogor beberapa waktu lalu. Pendaftaran online SBMPTN dimulai 25 April dan akan ditutup 20 Mei 2016.

Sementara itu, pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan dilaksanakan pada 10 Mei 2016. “Masih ada waktu sepuluh hari bagi calon mahasiswa yang tidak lolos SNMPTN untuk mendaftar SBMPTN. Ada 78 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang bisa dipilih calon mahasiswa. Biaya pendaftaran SBMPTN tahun ini sebesar 200 ribu rupiah dan dibayarkan melalui bank (yang sudah ditentukan),” ujarnya.

Panlok 33 terbagi menjadi beberapa sub panlok yakni Bogor, Bekasi, Sukabumi, Cirebon dan Karawang. Tahun ini Panlok Bogor menambah kuota ruangan sebagai antisipasi kenaikan jumlah pendaftar.

“Kami perkirakan peminat SBMPTN naik, karena beberapa faktor. Pertama, adanya penurunan pelamar SNMPTN sebesar 10 persen. Penurunan ini karena adanya pembatasan pelamar SNMPTN berdasarkan akreditasi sekolah. Nah, 10 persen yang belum tertampung ini kemungkinan besar akan ikut dalam SBMPTN,” ujar Yonny yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini.

Tahun ini juga ada dua macam tes yang dilakukan yakni Computer Based Testing (CBT) dan Paper Based Testing (PBT). Tidak ada perbedaan soal dan sistem pengacakannya, yang berbeda hanya yang satu digital menggunakan komputer.

Di seluruh Indonesia hanya 2.500 kursi yang menggunakan CBT, sisanya PBT. Di Panlok 33 hanya tersedia 80 CBT, tambahnya. “Bank mitra tetap SBMPTN adalah Bank Mandiri dan BNI. Kerjasama dengan bank mitra ini diharapkan tidak ada lagi anak calon mahasiswa yang kesulitan akses pendaftaran. Publikasi ke masyarakat juga ditujukan agar akses info SBMPTN ini lebih luas dan memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa seluas-luasnya,” ujarnya.

Untuk memudahkan pendaftaran, Bank Mandiri dan Bank BNI sudah menyiapkan beberapa jalur. Pembayaran bisa dilakukan di Kantor Cabang, E-Banking, ATM, keagenan, kolektif dari masing-masing SMA, dan bimbingan belajar (Bimbel).

Berbagai layanan ini diberikan agar akses pendaftar menjadi mudah sehingga tidak menumpuk di teller. Pendaftar tidak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi untuk pergi ke bank atau bahkan ke luar kota (ke lokasi ujian). (Zul/IK-SS)

Check Also

Ifud Pertahankan Gelar Mawapres Nasional Diploma ITS

Ifud Pertahankan Gelar Mawapres Nasional Diploma ITS

Edupost.id – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali mempertahankan predikat juara pertama Mahasiswa Beprestasi (Mawapres) Program …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *