Kamis , 19 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / Sebanyak 45 Dalang Cilik Ikuti Festival di MPI UNY
Festival dalang cilik di MPI UNY
Festival dalang cilik di MPI UNY

Sebanyak 45 Dalang Cilik Ikuti Festival di MPI UNY

Edupost.Id, Yogyakarta – Setelah sukses menggelar Festival Dalang Cilik selama lima tahun, Museum Pendidikan Indonesia (MPI) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan kembali menggelar acara yang sama pada tahun ini. Festival Dalang Cilik VI digelar pada Minggu-Kamis (1-5/5) di halaman MPI UNY.

Kepala MPI, Sudirman mengatakan, salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah mewujudkan komitmen UNY terhadap seni budaya bangsa. Hal ini merupakan salah satu perwujudan UNY sebagai kampus pelestari dan pemerhati budaya lokal.

“Wayang kulit ini keberadaannya mulai ditinggalkan oleh anak-anak Indonesia. Untuk memupuk rasa cinta anak-anak Indonesia terhadap wayang kulit, maka dibuatlah acara ini,” ujar Sudirman di ruang kerjanya.

Dikatakan Sudirman, acara festival ini akan diikuti 45 dalang cilik yang merupakan siswa SD dan SMP dari berbagai daerah. Tidak hanya dari DIY, peserta juga datang dari Jawa Tengah, dan lainnya. “Bahkan ada yang dari Jakarta,” kata Sudirman.

Acara yang digagas MPI ini ternyata berdampak baik bagi perkembangan seni budaya wayang kulit di kalangan anak-anak. Sanggar wayang kulit anak-anak yang dulunya hanya ada di Yogyakarta dan Surakarta kini sudah menyebar hingga Jakarta.

Selain festival dalang cilik, MPI juga akan menggelar pameran wayang nusantara. Pengunjung akan dikenalkan dengan beragam jenis wayang. Pameran ini tentunya digelar untuk memperkenalkan potensi wayang nusantara, dengan harapan akan semakin meningkatkan rasa cinta terhadap budaya.

“Sejak UNY menyelenggarakan Festival Dalang Cilik, semakin banyak anak-anak yang tertarik dengan wayang kulit. Acara ini dampaknya sangat baik,” pungkas Sudirman. (Andi)

Check Also

Cara Mengajarkan Membaca kepada Anak dengan Cepat

Cara Mengajarkan Membaca kepada Anak dengan Cepat

Edupost.id – Kadang orangtua atau guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan membaca kepada anak. Ada banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *