Senin , 29 Mei 2017
Home / Berita Pendidikan / Sebar Konten Negatif, Selebgram Awkarin Pantas Dilaporkan
Konten Moral Buruk selebgram, bisa dipidana
Konten Moral Buruk selebgram, bisa dipidana(Foto:Sosmed.blogspot)

Sebar Konten Negatif, Selebgram Awkarin Pantas Dilaporkan

Edupost.id – Nama Awkarin dan Anya Geraldine beberapa pekan ini menjadi sorotan publik setelah akun media sosialnya dilaporkan ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Akun yang berisi video kedua remaja itu dinilai bisa memberi pengaruh negatif ke anak muda lainnya karena tidak sesuai budaya Indonesia.

Sejumlah kalangan menanggapi kasus tersebut. Diantaranya Guru SMKN 2 Bogor, Widia Handayani yang memandang pentingnya sensor terhadap konten negatif di internet. “Pengaruh yang akan didapat dari akun yang dimiliki para remaja mesti disensor, namun masih ada yang tersebar tanpa ditambahkan sensor. Faktor negatif dari penggunaan media sosial terbukti semakin parah, masyarakat masih asing dengan aturan-aturan dan pengawasan penggunaan gadget terhadap anak remaja,” ujarnya kepada Edupost.id.

Ia menambahkan, remaja masa kini mudah menyerap hal negatif dari budaya luar dan suka menutupi hal tersebut dari pengawasan orangtua. “Biasa para remaja melakukan kebohongan dan mengikuti gaya hidup dari negara asing, itu yang menyebabkan sulit dibendung.  Sebagai orangtua jangan sampai menyerahkan kebebasan yang berlebih terhadap anak, tergantung dari pergaulan dan pengarahan juga bisa dijadikan pondasi,” ujar Widia.

Senada dengan itu, Muhammad Aditya, mahasiswa dari fakultas Komunikasi, Universitas Pakuan Bogor juga mengeluhkan konten dan perkataan dalam akun selebgram tersebut yang tidak seharusnya digunakan. Ia menyesalkan, pengaruh buruk selebgram Awkarin dan Anya sudah terlanjur sampai ke kalangan remaja melalui vlog atau video kehidupan bebas. “Perubahan semestinya bukan hanya dari pengawasan media atau akun pribadi seleb itu, tapi teman pemilik akun juga diberi peringatan untuk berhenti melakukan hal serupa,” ujarnya.

Dhika Nastiar, siswa pelajar SMA negeri 1 Sukabumi turut mendukung sikap orangtua yang melaporkan selebgram tersebut pada KPAI dan Kominfo. “Seleb seperti itu pantas dilaporkan. Karena banyak pengaruh negatif dari kehidupan pribadinya yang bebas dan tidak punya aturan, semacam kesepian dan meminta perhatian dari orang lain” ujarnya. (Inan)

Check Also

Ketua KPAI Asrorun Niam

Buku Anak Bermuatan Porno, KPAI akan Panggil Penerbit

Edupost.Id – Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Niam Sholeh mengatakan, pihaknya akan memanggil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *