Rabu , 28 Juni 2017
Home / Berita Pendidikan / Sekolah di Kabupaten Bogor Tidak Semua Ikut UNBK
Soal-Ujian-Terlalu-Sulit-Nilai-UN-SMP-2016-Turun
Siswa SMP

Sekolah di Kabupaten Bogor Tidak Semua Ikut UNBK

Edupost.id- Hanya sebanyak 144 SMP di Kabupaten Bogor yang tahun ini mengikuti Ujian Nasional Berbasis Kopmputer (UNBK), dari total 616 sekolah atau 26 persen dari total keseluruhan hanya ada 61.218 siswa yang dapat melaksanakan ujian berbasis komputer.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bogor, Tb. A. Luthfi Syam, sisanya menggunakan metode reguler. Hal tersebut di karenakan minimnya angka peserta UNBK, tak lepas dari keputusan awal Mendikbud lalu, Anies Baswedan, yang mengumumkan bahwa UNBK bisa dilakukan sebanyak dua gelombang dan terdiri dari 3 sift. Namun ternyata, berubah menjadi satu gelombang.

Jikapun betul dua gelombang diperkirakan yang mengikuti UNBK di Kabupaten Bogor bisa mencapai 50 persen. “Yang terjadi saat ini, meski sudah melakukan pembagian dengan SMA/SMK tapi jarak sekolah jauh,” ujar Luthfi.

Persoalan yang saat ini terjadi pada siswa bukan hanya fasilitas yang menjamin, tapi juga membiasakan menghadapi ujian tanpa rasa grogi. Kelulusan siswa akan ditentukan dari tiga ujian yakni, ujian sekolah, UNBK dan ujian sekolah berbasis Nasional.

“Jika anak tidak dapat UNBK, saat ini APBD sudah rampung. Kami akan coba menyuarakan ini ke Kemendagri dan Mendikbud. Kalau seperti itu akan lebih banyak sekolah yang ikut UNBK,” pungkas Luthfi.

April sedianya sudah dimulai rangkaian ujian akhir, tapi persiapannya sudah dimulai sedari beberapa bulan yang lalu. (Inan)

Check Also

siswa memakai komputer dalam pembelajaran

Tujuh Kekacauan Pelaksanaan UNBK SMK Tahun Ini

Edupost.id – Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK) untuk siswa SMK yang berlangsung 4-6 April diwarnai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *