Sabtu , 16 Desember 2017
Home / Berita Pendidikan / Sekolah di Maluku Utara Tidak Ada yang Adakan UN Online

Sekolah di Maluku Utara Tidak Ada yang Adakan UN Online

TERNATE- Sekolah-sekolah di Provinsi Maluku Utara (Malut) dinyatakan belum siap melaksanakan Ujian Nasional (UN) berbasis komputer (online) pada tahun ini. Hal ini disebabkan, infrastruktur pendukungnya seperti komputer dan jaringan internet di setiap sekolah belum memadai.

Ketua Panitia UN Malut, Abdul Ajid Tuhuteru mengungkapkan, sesuai surat dari Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah sebenarnya di Malut ada dua sekolah yang tahun ini ditunjuk melaksanakan UN berbasis komputer, yakni SMA Negeri 1 Ternate dan SMA Negeri 4 Ternate.

Namun, lanjutnya, karena di kedua sekolah tersebut belum memiliki komputer yang memadai dan jaringan internet yang masih terbatas sehingga pelaksanaan UN berbasis komputer dibatalkan dan diganti dengan UN manual, sama seperti sekolah lainnya di Malut.

Abdul menyampaikan, pihaknya belum menerima petunjuk pelaksanaan UN dari Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah. Namun, tambahnya, pihaknya telah mengangendakan sosialisasi pelaksanaan UN di Malut pada pekan depan dan diharapkan saat itu sudah ada petunjuk pelaksanaannya dari pusat.

Terkait pencetakan soal UN untuk Malut, Abdul menyebutkan, sesuai informasi Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah, soal akan dicetak di Makassar. Sementara, terkait pengawas dalam pelaksanaan UN, ia menerangkan, nantinya akan melibatkan pengawas dari sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di daerah ini.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kota Ternate Mochdar Din mengatakan, seluruh sekolah di daerah ini telah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi UN, di antaranya dengan melaksanakan pelajaran tambahan kepada siswa yang akan mengikuti UN.

Berdasarkan jadwal, UN akan diselenggarakan pada 13-15 April 2015 dengan jumlah total peserta SD, SMP,SMA sebanyak 45.176 dari 10 kabupaten/kota di Malut. (ANT)

Check Also

ASI Ternyata Bisa Lindungi Bayi dari Alergi

Edupost.id – Semasa menyusui, tak jarang ibu mengonsumsi makanan yang umum menjadi penyebab alergi, seperti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *