Senin , 23 April 2018
Home / Berita Pendidikan / Sekolah Keluhkan Rencana USBN SD Ujikan 8 Mapel
Ujian Nasional Sekolah Dasar. foto : ANT

Sekolah Keluhkan Rencana USBN SD Ujikan 8 Mapel

Edupost.id – Beberapa Sekolah Dasar di Kabupaten Sleman mengaku keberatan jika pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD tahun ini mengujikan 8 mata pelajaran. Pihak sekolah beralasan, ujian dengan 8 mata pelajaran akan sangat memberatkan siswa.

Kepala SDN Kentungan, Kabupaten Sleman, Suyatini, mengaku sangat keberatan jika USBN 8 mapel. Menurutnya, ujian dengan 3 mapel yang selama ini dijalani sudah cukup menyita energi, apa lagi jika haus ujian dengan 8 mapel.

“Tiga mapel saja sudah berat, apa lagi 8 mapel. Kalau boleh berharap, kami lebih memilih ujian 3 mapel. Dengan 3 mapel kami harus memberikan tambahan pelajaran cukup banyak kepada anak-anak, kalau ada 8 mapel tentu saja harus lebih banyak tambahan pelajaan yang diberikan,” kata Suratini kepada Edupost.id.

Suyatini melanjutkan, sebuah tanggungjawab berat menantinya jika pemerintah memberlakukan USBN SD 8 mapel. Semua orang tua siswa menginginkan anak-anaknya memiliki nilai ujian yang baik agar bisa diterima di SMP favorit. Ujian 8 mapel tentunya menyita lebih banyak energi dan waktu guru dan siswa agar meraih nilai yang tinggi pada USBN.

Sejak awal tahun ajaran baru yang lalu, Suyatini mengaku sudah memerintahkan para guru yang tergabung dalam tim sukses Ujian Sekolah untuk mulai membuat latihan soal dalam rangka memperdalam kemampuan siswa menghadapi USBN. Namun, selama ini hanya beefokus pada 3 mapel sesuai kisi-kisi USBN tahun lalu.

“Kisi-kisi tahun ini belum turun, jadi kami masih berpatokan pada kisi-kisi tahun lalu untuk membuat latihan soal. Kalau tahun ini USBN 8 mapel, kami harus ngebut lagi,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala SDN Condongcatur, Tri Suhadi juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya, pemerintah harus berpikir ulang untuk melaksanakan kebijakan USBN 8 mapel di tahun ini. Kebijakan ini terkesan sangat terburu-buru jika diterapkan tahun ini.

Waktu persiapan yang sangat pendek akan membuat sekolah harus berpacu dengan waktu. Jika bolehberharap, menurut Tri, lebih baik USBN tetap 3 mapel. Atau kalau mau ditambah cukup lima mapel seperti era ujian yang masih bernama EBTANAS.

USBN jenjang Sekolah Dasar sesuai kalender pendidikan direncanakan akan digelar pada 14-16 Mei 2018. Namun, jadwal ini masih mungkin berubah jika USBN 8 mapel akan mulai diterapkan tahun ini. (Andi)

One comment

  1. Kasian anak SD, seharusnya anak SD lebih diberi kemudahan seperti saya yang SD, saya fokus belajar hanya ke 3 mapel dan saya kaget jika ada yang bilang kalau 8 mapel, aku disitu langsung drop, terus aku waktu malem gk bisa tidur gara” mikirin itu. Tolong… cukup 3 mapel saja, aku seakan akan sudah mulai stress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=