Jumat , 24 Maret 2017
Home / Berita Pendidikan / Sembelih Hewan Kurban di Sekolah Masih Jadi Tradisi
sekolah di bogor berkurban
Sekolah di Bogor libatkan siswa dalam penyembelihan kurban

Sembelih Hewan Kurban di Sekolah Masih Jadi Tradisi

Edupost.id – Dalam momentum Idul Adha ini, beberapa sekolah di Bogor melakukan kegiatan penyembelihan hewan kurban di area sekolahnya. SMP Negeri 3 dan SMPN 11 Kota Bogor termasuk sekolah yang masih mempertahankan tradisi tersebut. Sekolah sengaja melibatkan siswa dengan tujuan agar mereka bisa praktik langsung menyembelih kurban sekaligus mengasah kepekaan sosialnya.

“Tradisi ini memang selalu diadakan sebagai metode belajar siswa tentang proses berkurban. Sekaligus melatih siswa berbagi rezeki” terang Dayat, guru mata pelajaran Agama Islam di SMPN 3 Bogor kepada Edupost.id. .

Dayat menilai, memahamkan siswa tentang proses berkurban akan lebih efektif bila dilakukan dengan praktik langsung menyembelih hewan kurban di sekolah. “Kami mengajarkan mereka dengan metode belajar yang sesuai dengan kurikulum 2013. Kami sampaikan dasar-dasar pengenalan Idul Adha, teori dahulu baru kemudian dipraktekkan,” ucapnya.

Praktik menyembelih kurban di sekolah ini disambut antusias oleh para siswa, mereka merasakan manfaat dari kegiatan tersebut. “Sebelumnya ngerasa ngeri dan takut, tapi karena ada banyak teman lain yang juga berpartisipasi, justru menambah semangat dan ingin tau cara sembelih daging kurban,” terang Ashifa, dua siswi dari SMP3 Bogor.

Begitupula siswa di SMP 11 Bogor yang juga melaksanakan kegiatan yang sama, mereka mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat. Sarah, salah satu siswi SMPN 11 yang mengikuti acara penyembelihan daging kurban di sekolahnya terlihat antusias dan mengaku bertambah pemahamannya tentang proses penyembelihan hewan kurban.

“Menyembelih kurban bersama terasa sangat seru. Kita dapat mempraktikkan secara langsung bagaimana proses sembelih jadi bukan hanya melihat atau mendengar dari orang-orang yang menyembelih kurban,” ungkapnya. (Inan)

Check Also

pentingnya mengajari anak makna berkurban

Pentingnya Mengajarkan Makna Berkurban kepada Anak

Edupost.id- Seluruh umat Islam saat ini tengah merayakan hari raya Idul Adha, begitupula ibadah berkurban …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *