Minggu , 21 Oktober 2018
Home / Berita Pendidikan / Serunya Nobar “Mata Jiwa”, Film Karya Anak Indonesia
Serunya Nobar Mata Jiwa Film Karya Anak Indonesia
Serunya Nobar Mata Jiwa Film Karya Anak Indonesia

Serunya Nobar “Mata Jiwa”, Film Karya Anak Indonesia

Edupost.id – Film pendek berjudul “Mata Jiwa” karya siswa SMP berhasil diputar dalam Festival Karya Anak dan Remaja beberapa waktu lalu. Ajang yang mengambil tema “Anak Berkarya untuk Indonesia Hebat” ini diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
 
Film “Mata Jiwa” ditulis oleh Tsaqiva Kinasih Gusti dari Omah Dongeng Marwah. Film ini bercerita tentang mimpi, keluarga dan persahabatan dari seorang anak yang bernama “Jiwa”. Jiwa adalah seorang anak yang tinggal di daerah kumuh Kota Jakarta. Penglihatannya kurang jelas, namun ia sangat ingin melihat bintang.

Cerita ini terinspirasi dari perjalanan Tsaqiva melewati rumah penduduk di perbukitan, dan memikirkan anak-anak zaman sekarang sulit melihat bintang di langit karena adanya pemanasan global. Cerita ini juga mengaitkan isu-isu sosial yang terjadi di masyarakat.

Dalam film ini Tsaqiva tidak hanya menjadi penulis naskah, penulis skenario dan sutradara, namun ia juga menjadi pengisi sound track untuk film tersebut. Judul lagu untuk sound track film ini adalah “Temaram”, yang juga dibawakan pada Festival Karya Anak dan Remaja.

 Acara tersebutmenampilkan kreativitas para siswa SMP seperti pertunjukan tari, pembacaan dongeng, bernyanyi dengan alat musik tradisional, dan penayangan film pendek.

Film “Mata Jiwa” sudah diputar di lima kota, yaitu Salatiga, Semarang, Kudus, Purbalingga, Jogja dan Jakarta. Film itu diputar rangkaian acara nobar atau nonton bareng yang diselenggarakan oleh Omah Dongeng Marwah. (Kemendikbud/ IK-SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=