Selasa , 13 November 2018
Home / Berita Pendidikan / Serunya Program Home Visit, Guru Dampingi Siswa di Rumah
Guru-Dipukul-FSGI-Sekolah-dan-Orangtua-Tidak-Harmonis
Ilustrasi: Guru Mengajar.

Serunya Program Home Visit, Guru Dampingi Siswa di Rumah

Edupost.id – Mendampingi siswa tidak hanya bisa dilakukan oleh guru ketika berada di sekolah. Mendampingi siswa selama di rumah juga sangat penting dilakukan agar program pembelajaran di sekolah tetap berlanjut di rumah.

Hal inilah yang mencoba dilakukan oleh para guru MAN 1 Yogyakarta. Melalui program home visit, para guru sekolah ini rutin melakukan kunjungan ke rumah siswa untuk melakukan pendampingan di rumah. Program ini difokuskan untuk siswa kelas XII yang akan menghadapi ujian nasional.

“Kami membuat program home visit, guru mengunjungi rumah siswa secara berkala. Setiap guru mendampingi 5-6 siswa,” terang Waka Kurikulum MAN 1 Yogyakarta, Taufik Zamhari.

Menurut Taufik, dalam program ini seluruh guru di sekolahnya mendapat tanggung jawab yang sama mendampingi 5-6 siswa. Setiap guru harus memastikan seluruh siswa dampingannya melakukan program pembelajaran dengan baik selama di rumah.

Para guru pendamping harus mengunjungi rumah siswa dampingannya secara terjadwal. Masing-masing akan bedialog dengan orang tua siswa mengenai kondisi siswa dan keluarga. Ini penting agar sekolah mengetahui setiap persoalan siswa yang berpotensi mengganggu konsentrasi dalam menghadapi ujian.

“Para guru pendamping akan mencari persoalan siswa di rumah dan berkomunikasi dengan orangtua. Yang penting, kami dapat melakukan pendekatan dengan siswa dan keluarganya,” kata Taufik.

Program ini, kata Taufik adalah salah satu langkah menyiapkan siswa menghaapi ujian nasional tahun 2018. Jumlah siswa kelas XII MAN 1 Yogyakarta yang akan mengikuti UN adalah 228 siswa, yang terbagi dalam empat jurusan. Jurusan IPA memilih 99 siswa, IPS 80 siswa, Bahasa 30 siswa, dan Keagamaan 19 siswa. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=