Minggu , 19 Februari 2017
Home / Berita Pendidikan / Setiap Sekolah Dihimbau Segera Isi PDSS
Lulus-SBMPTN-Ini-Langkah-Selanjutnya
Peserta SBMPTN

Setiap Sekolah Dihimbau Segera Isi PDSS

Edupost.ID – Rangkaian kegiatan SNMPTN tahun ini diawali  dimulai dengan pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Terkait hal ini, setiap sekolah, termasuk sekolah yang belum memiliki akreditasi A, B, atau C  dihimbau untuk segera melakukan pengisian data agar siswa mereka memiliki kesempatan untuk mendaftar di PTN.

Seperti kebijakan yang berlaku, sekolah SMA/SMK/MA yang terakreditasi A berhak mendaftarkan sebesar 50 persen siswa terbaik di sekolahnya. Sementara sekolah terakerditasi B sebesar 30 persen terbaik di sekolahnya, akreditasi C sebesar 10 persen terbaik di sekolahnya, dan akreditasi lainnya 5 persen terbaik di sekolahnya.

“Ini adalah haknya siswa, jadi sekolahnya juga harus memfasilitasi. Meskipun peluangnya hanya untuk 5% itu bisa saja diterima,” kata Direktur Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM, Sri Peni Wastutiningsih, saat memberikan sosialisasi penyelenggaraan SNMPTN dan SBMPTN kepada perwakilan SMA/SMK/MA se-DIY, Rabu (25/1) di Grha Sabha Pramana UGM.

Peni menjelaskan pada pengisian PDSS tahun ini, sekolah yang belum mengisi salah satu lembar PDSS dengan lengkap maka tidak dapat melanjutkan ke halaman yang selanjutnya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi adanya kesalahan karena siswa tidak dapat melakukan verifikasi jika data sekolah di PDSS belum tervalidasi.

Untuk proses pelaksanaan SNMPTN, biaya pelaksanaan akan ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya seleksi. Peserta SNMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan dinyatakan diterima di PTN juga berpeluang mendapatkan bantuan biaya pendidikan selama masa studi melalui Program Beasiswa Bidikmisi.

Pendaftaran jalur SNMPTN akan dimulai pada 21 Februari-6 Maret 2017, seleksi berkas pada 16 Maret-15 April 2017, dan pengumuman kelulusan pada 26 April 2017. Pendaftaran jalur ini diawali dengan pengisian dan verifikasi pangkalan data siswa sekolah (PDSS) yang dimulai pada 14 Januari hingga 12 Februari 2017. (Andi)

Check Also

Hasil-SBMPTN-2016-Diumumkan-Hari-Ini

Delapan Jurusan Favorit di SBMPTN Bagi Siswa SMK

Edupost.id- Menjelang seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri SNMPTN, banyak siswa SMK masih bingung memilih …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *