Minggu , 22 April 2018
Home / Berita Pendidikan / Siap-siap Bukan Hanya Siswa, Guru juga akan Dizonasi

Siap-siap Bukan Hanya Siswa, Guru juga akan Dizonasi

Edupost.id – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY berencana menerapkan sistem zonasi bagi guru yang mengajar di SMA/SMK DIY. Kepala Disdikpora DIY, Kadarmanta Bhaskara Aji mengatakan kebijakan ini sebagai salah satu upaya menciptakan pemerataan kualitas sekolah di DIY.

Disdikpora akan menempatkan guru sesuai domisili. Selama ini banyak guru yang mengajar di Kota Yogyakarta tapi berasal dari luar kota, seperti Kabupaten Sleman, Bantul, maupun Gunungkidul.

“Bisa dibayangkan misalnya guru Sleman mengajar di Gunungkidul, harus berangkat jam 5 pagi. Ya sudah ‘Wong’ Sleman balik ke Sleman biar lebih fokus,” ujarnya.

Upaya zonasi guru juga untuk mendukung program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi.
Selama ini masih banyak orangtua siswa yang khawatir dengan penerapan zonasi.

Menurut Aji, para orangtua mengkhawatirkan perbedaan kualitas guru antara sekolah favorit dengan daerah pinggiran. Salah satu indikasi sekolah favorit adalah ketersediaan guru berkualitas yang umumnya masih terpusat di Kota Yogyakarta.

Sistem zonasi yang diamanatkan dalam Permendikbud 17 tahun 2017 bertujuan untuk memeratakan kualitas pendidikan. Pemerintah menilai input siswa di sekolah menjadi salah satu faktor penentu terbesar kualitas pembelajaran. (Andi)

Check Also

University of Adelaide Australia

Kuliah Gratis di Luar Negeri? Ikuti Beasiswa University of Adelaide Ini

Edupost.id – Apakah Anda ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, program berikut ini patut dicoba. University …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=