Rabu , 23 Mei 2018
Home / Berita Pendidikan / Siap-siap, Nilai UN Kembali Jadi Syarat Kelulusan
ujian nasional
Ilustrasi. Ujian Nasional (UN)

Siap-siap, Nilai UN Kembali Jadi Syarat Kelulusan

Edupost.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mewacanakan adanya kemungkinan pemerintah akan kembali menerapkan hasil Ujian Nasional (UN) sebagai syarat kelulusan siswa. Pernyataan tersebut muncul sebagai respon adanya penurunan nilai UN tahun 2018. Apakah kebijakan ini tepat?

“Bisa saja (UN jadi pertimbangan kelulusan), Itu kita evaluasi nanti (evaluasi tentang UN jadi syarat kelulusan lagi),” ungkap Muhadjir dalam siaran persnya, beberapa waktu lalu.

Muhadjir menyampaikan, ada beberapa faktor mengapa tahun ini ada beberapa mata pelajaran yang nilai UN nya turun. Salah satunya, lanjutnya, kemungkinan karena motivasi siswa dalam mengerjakan soal UN menurun.

“Salah satunya (alasan turunnya nilai UN) mungkin itu (nilai UN tidak jadi syarat kelulusan). Jadi siswa motivasinya tidak terlalu serius. Bisa juga itu,” tuturnya.

Walau demikian, menurutnya, untuk kemampuan siswa sebetulnya tidak mengalami penurunan. Sebab, tahun ini standar soal yang dirancang pemerintah telah meningkat. Yaitu, dengan mulai diberlakukannya instrumen soal bernalar tinggi atau High Thinking Order Skill (HOTS).

Selain itu, lanjutnya, penurunan nilai UN juga bisa jadi karena adanya perubahan dari Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pulpen (UNKP) ke Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Perubahan itu dinilai mempengaruhi integritas siswa.

“Terutama sekolah yang semula menggunakan kertas kemudian komputer, ini tingkat integritas naik,” tambahnya.

Muhadjir berencana ke depannya, akan fokus meningkatkan standar pendidikan di Indonesia dengan standar pendidikan skala internasional. Kemudian, ia juga berupaya agar tahun depan pelaksanaan UNBK bisa 100 persen sehingga nilai integritas bisa terus meningkat.

Check Also

Indonesia Siap Gelar Olimpiade Sains Internasional di Bali

UN Jadi Syarat Lulus, Forum Rektor : Itu Bukan Solusi !

Edupost.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajdir Effendy menyampaikan, pemerintah akan mempertimbangkan Ujian Nasional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=