Rabu , 20 Juni 2018
Home / Berita Pendidikan / Siap-siap, Penilaian SBMPTN 2018 Pakai Sistem Baru!
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Siap-siap, Penilaian SBMPTN 2018 Pakai Sistem Baru!

Edupost.id – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) tahun ini memiliki sistem penilaian berbeda dari tahun sebelumnya. Bagaimana sistem penilaiannya ? Apa saja yang perlu disiapkan agar mendapat skor yang tinggi? Ini penjelasannya !

Ketua Pokja SBMPTN 2018, Prof Budi Prasetyo Widyobroto menjelaskan, sistem lama SBMPTN menggunakan penilaian skor empat bila benar, minus satu kalau salah, dan yang tidak mengerjakan akan mendapat nilai nol.

Namun, sistem penilaian SBMPTN terbaru tahun ini, peserta yang mengerjakan benar akan mendapatkan skor 1, dan bila salah atau tidak mengerjakan akan mendapatkan skor nol.  

Tahap penilaian SBMPTN yang baru pun disederhanakan dari tiga tahap menjadi dua tahap. Tahap pertama seluruh jawaban peserta akan diproses.

Adapun tahapan kedua memakai teori ‘response butir’. Teori response butir digunakan untuk menganalisis karakteristik setiap soal. Soal dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu mudah, sedang, dan sulit.

Karakteristik soal yang didapatkan pada tahap kedua kemudian digunakan untuk menghitung skor peserta. Setiap peserta dapat menjawab soal dengan sama benar, akan tetapi pada akhirnya belum tentu memiliki hasil skor sama, sebab hal itu tergantung jenis soal yang dikerjakan.

Namun, Budi menerangkan, peserta SBMPTN tidak perlu khawatir mengenai perubahan sistem penilaian tersebut. Ia menyampaikan agar para peserta lebih banyak belajar dan mempersiapkan diri dengan berlatih mengerjakan soal-soal SBMPTN.

 

 

Check Also

smartphone android

Siap-siap, Tahun 2019 Ujian SBMPTN Gunakan Smartphone

Edupost.id – Inspektur Jenderal Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Jamal Wiwoho menyebut, tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=