Rabu , 13 Desember 2017
Home / Berita Pendidikan / Siap-siap! Siswa Baru Wajib Tes Urine

Siap-siap! Siswa Baru Wajib Tes Urine

Balikpapan – Seluruh siswa baru SMA di Balikpapan, Kalimantan Timur wajib mengikuti tes urine. Kebijakan pemkot Balikpapan ini untuk menekan penyalahgunaan narkoba di lingkungan pelajar Balikpapan.

“Kita berlakukan tes urine untuk siswa yang akan masuk khususnya SMA atau SMK atau MA, untuk mengetahui, apakah pernah menggunakan narkoba,” ujar Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, dilansir dari tempo.

Rizal mengungkapkan, pelaksanaan tes urine baru diberlakukan pada sebagian siswa SMA saja. Pelaksanaannya juga acak diberlakukan pada siswa siswa yang dianggap berpotensi kuat menyalahgunakan narkoba. “Nanti sistemnya acak, jadi tidak semua. Nanti petugas yang tahu yang mana mungkin yang dilakukan tes urine,” ucapnya.

Ketua Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Balikapapan, I Ketut Rasna menyambut baik kebijakan Pemkot tersebut. Ia meminta agar Balikpapan menerbitkan aturan daerah dalam pelaksanaan keputusan ini. “Tentunya kami sambut baik, tapi setidaknya ada Perwali, sehingga nanti disitu akan diatur mekanismenya seperti apa,” terang Ketut.

Ketut mengaku, siap melakukan kebijakan tersebut, bekerjama dengan Dinas Pendidikan maupun Dinas Kesehatan Kota. “Personil kami siap melakukan tes urine, tapi tentunya ada kerjasama lintas instansi,” paparnya. (Edu)

Check Also

Sepuluh Kampus Terhijau Dunia Versi UI GreenMetric 2017

Edupost.id – University of Wageningen menjadi Kampus Hijau Terbaik di dunia berdasarkan UI GreenMetricWorld University Rankings 2017. Sementara peringkat kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *