Sabtu , 19 Agustus 2017
Home / Berita Pendidikan / Siswa Berkebutuhan Khusus akan Dapat Layanan Khusus dalam UN
Mendikbud Imbau Orang Tua Aktif Daftarkan ABK ke Sekolah
Mendikbud Imbau Orang Tua Aktif Daftarkan ABK ke Sekolah (foto: blogspot)

Siswa Berkebutuhan Khusus akan Dapat Layanan Khusus dalam UN

Edupost.ID – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjamin akan memberikan pelayanan khusus bagi siswa berkebutuhan khusus atau inklusi dalam Ujian Nasional (UN) 2017. Mereka akan dibebaskan memilih sistem ujian yang paling nyaman diikuti, tidak harus dengan komputer.

Siswa tuna netra akan bisa mengerjakan soal braille. Bagi siswa tuna rungu, pihaknya juga akan menyiapkan soal tertulis, khususnya saat materi ujian “mendengarkan”.

“Didkpora DIY akan memberikan layanan secara maksimal kepada siswa inklusi. Bagi siswa penyandang tunanetra, seandainya mereka menghendaki menggunakan huruf braille akan kami siapkan,” ujar Kepala Disdikpora DIY, K Baskara Aji.

Aji menuturkan, pihaknya masih melakukan pendataan tentang siswa inklusi yang akan mengikuti ujian tahun ini di wilayahnya. Lebih lanjut, Aji mengungkapkan untuk lebih mengoptimalkan layanan, pihaknya akan memberikan penambahan waktu sebanyak 20 menit untuk setiap mata pelajaran.

“Saat ini kami sedang mendata siswa berkebutuhan khusus di tingkat SMP-SMA berdasarkan difabilitas yang dimiliki. Harapan kami, pendataan ini dilakukan agar kami dapat memberikan layanan yang tepat, sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa,” jelas Aji.

Sebelumnya, Disdikpora DIY menargetkan seluruh SMP, SMA, dan SMK akan menggelar UNBK tahun ini. Namun, khusus siswa berkebutuhan khusus diberi kemudahan untuk tidak mengikuti UNBK jika memang memiliki keterbatasan fungsi indera. Untuk semua siswa berkebutuhan khusus yang ada di SLB juga masih akan ujian menggunakan kertas. (Andi)

Check Also

Indonesia Siap Gelar Olimpiade Sains Internasional di Bali

Tahun Ini Ujian Nasional Perbaikan (UNP) Ditiadakan

Edupost.id- Salah satu kebijakan baru yang diterapkan pada penyelenggaraan ujian nasional (UN) tahun 2017 yakni …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *