Rabu , 29 Maret 2017
Home / Berita Pendidikan / Siswa Dilarang Bawa HP, IGI: Harus Ada Prosedurnya
siswa-bawa-hp-ke-kelas
Ilustrasi. Siswa membawa hp ke kelas (foto: hechingerreport)

Siswa Dilarang Bawa HP, IGI: Harus Ada Prosedurnya

Edupost.id, Yogyakarta – Dinas Pendidikan Dasar (Dikdas) Kabupaten Bantul mulai tahun ajaran 2016/2017 melarang siswa SD dan SMP membawa handphone ke kelas demi mencegah tindakan negatif. Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Bantul, Sabjan, menilai langkah ini harus diikuti dengan prosedur yang benar.

“Kalau guru akan menggunakan hp untuk pembelajaran di kelas, harus ada prosedur yang benar, harus memberitahukan kepada pihak sekolah,” terang Sabjan kepada Edupost.id.

Menurutnya, ada kalanya siswa dan guru diperbolehkan membawa handphone ke kelas. Namun, harus ada prosedur yang benar ketika siswa maupun guru harus membawanya ke kelas. Kalau memang diperlukan membawa handphone demi kepentingan pembelajaran, menurutnya tidak boleh ada larangan membawa barang tersebut ke kelas. Setelah tidak dibutuhkan, barulah disimpan sekolah.

“Menurut saya tidak selamanya membawa handphone itu harus dilarang,” ujar Sabjan.

Dengan adanya prosedur yang benar, lanjutnya, maka penyalahgunaan dalam penggunaan handphone di kelas dapat dihindari.

Sabjan menambahkan, selain itu, perlu adanya dialog berbagai pihak terkait kebijakan ini. Berbagai pihak terkait seperti pemerintah, sekolah, siswa, dan orang tua harus diajak berdialog agar tercipta kesamaan pemahaman mengenai kebijakan ini.

Orang tua memiliki peran penting dalam hal ini. Menurut Sabjan, orang tua harus mengawasi anak-anaknya dalam penggunaan handphone. Orang tua berperan penting mencegah penyalahgunaan handphone oleh anaknya.

“Pihak yang ingin menyampaikan pendapat harus disampaikan di forum dialog,” pungkas Sabjan. (Andi)

Check Also

Dikmenof-Sambut-Kehadiran-IGI-di-Bantul

Dikmenof Sambut Kehadiran IGI di Bantul

Edupost.id – Dinas Pendidikan Menengah dan Nonformal (Dikmenof) Kabupaten Bantul menyambut kehadiran Ikatan Guru Indonesia (IGI) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *